12 Fakta Menarik Seputar Negara Ekuador Yang Layak Diketahui | KataSaya

12 Fakta Menarik Seputar Negara Ekuador Yang Layak Diketahui

SILAHKAN BACA JUGA
loading...

Negara Ekuador merupakan sebuah negara yang memiliki nama resmi Republica del Ecuador. Secara geografis, negara ini terletak di wilayah Amerika Latin, dan berbatasan langsung dengan Negara Peru, Negara Kolombia, dan samudera Pasifik.  Negara berpenduduk sekitar 14 juta jiwa ini memiliki ibu kota negara bernama Kota Quito. Bahasa resmi yang digunakan di Ekuador sendiri adalah bahasa Spanyol.

Selain hal-hal tersebut diatas, Negara Ekuador juga menyimpan beragam fakta-fakta menarik yang patut untuk kamu ketahui. Oleh sebab itu pada artikel berikut ini kita akan membahas mengenai 12 Fakta menarik dari Negara Ekuador yang layak kamu ketahui :

1.  Negara Ekuador memiliki spesies hewan dan tumbuhan yang lebih banyak dan beragam bila dibandingkan dengan negara-negara lain di Amerika Selatan. Hal ini disebabkan karena iklim tropis dan isolasi Negara Ekuador dari Pegunungan Andes.

2.  Negara Ekuador memiliki lebih dari 6.000 spesies kupu-kupu di antara keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang ada di negara ini. Kupu-kupu yang sangat bervariasi ini bermigrasi ke daerah tropis Ekuador dari seluruh wilayah Amerika Utara.

3.  Negara Ekuador mungkin merupakan sebuah negara kecil, namun populasinya merupakan salah satu yang terbesar di Amerika Selatan. Ekuador memiliki populasi lebih dari 12 juta jiwa.

4.  Bahasa Spanyol merupakan bahasa resmi Negara Ekuador, namun selain bahasa Spanyol Negara Ekuador juga memiliki bahasa lain yang sering di gunakan oleh penduduknya yaitu bahasa Quichua dan Shuar.

5.  Agama terbesar di Negara Ekuador adalah Katolik Roma, namun pemerintah menjunjung tinggi asas kebebasan dalam beragama bagi penduduknya, sehingga terdapat berbagai macam praktek keagamaan di negara ini.

6.  Lebih dari 40 suku bangsa pribumi menempati dan bekerja bersama-sama di Ekuador. Suku-suku bangsa ini telah membuat Negara Ekuador menjadi tempat dengan tradisi, sejarah, dan budaya yang unik.

7.  Tingkat kemiskinan di Negara Ekuador merupakan salah satu yang terendah di seluruh Amerika Selatan. Semua ini karena kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Ekuador untuk mengurangi kemiskinan secara signifikan. Ada kebijakan untuk menyediakan pekerjaan dan bantuan kepada warga negaranya ketika mereka membutuhkan.

8.  Kepulauan Galapagos adalah bagian dari Ekuador dan merupakan pulau-pulau yang dilindungi dan dijadikan cagar alam

9.  Gunung berapi bernama Cotapaxi yang terletak di Negara Ekuador merupakan gunung berapi aktif paling tinggi di dunia.

10. Colonial City yang merupakan salah satu kota di Negara Ekuador terletak hampir 8.500 meter di atas permukaan laut, hal ini membuatnya menjadi salah satu kota tertinggi di dunia. Kondisi tersebut tentu sulit bagi mereka yang tidak terbiasa dengan udara tipis untuk jangka waktu lama.

11. Topi Panama sebenarnya diciptakan di Negara Ekuador. Topi ini menjadi populer karena dipakai banyak aktor dalam film Indiana Jones, 3 Musketeers, dan film lainnya.

12. Pada Sabtu 16 April 2016 pukul 18:58 waktu setempat gempa bumi melanda Ekuador, gempa tersebut berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR). Pusat gempa berada di Pedernales atau sekitar 28 kilometer tenggara dari Muisne. 

Jika kamu menganggap gempa tersebut cukup besar, perlu kamu ketahui bahwa USGS mencatat gempa bumi terbesar yang pernah melanda Negara Ekuador terjadi pada tanggal 31 Januari 1906 dengan kekuatan gempa mencapai 8,8 SR. Gempa itu menimbulkan tsunami yang membuat 1.500 jiwa melayang di Negara Ekuador dan Negara Kolombia.

Itulah informasi mengenai 12 Fakta menarik seputar Negara Ekuador yang layak kamu ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: