5 Fakta Unik Seputar Sepak Bola Wanita Yang Layak Kamu Ketahui | KataSaya

5 Fakta Unik Seputar Sepak Bola Wanita Yang Layak Kamu Ketahui

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/04/5-fakta-unik-seputar-sepak-bola-wanita.html

Sepak bola merupakan olah raga yang identik dengan kaum Adam, namun seiring perkembangan zaman seperti saat ini tidak ayal bila sepak bola kini merambah tidak hanya bagi laki-laki saja melainkan sudah dimainkan juga oleh para wanita. Bahkan di belahan bumi lain sepak bola wanita kini sudah memiliki liganya tersendiri, selain liga domestik laga internasional yang sepak bola wanita pun sering di gelar seperti halnya Piala Dunia Wanita yang terakhir digelar di Kanada pada 2015 silam.

Sepak bola wanita sendiri diketahui berasal dari negeri Tirai Bambu, sepak bola khusus wanita ini sangat terkenal di Negara Cina, mereka sudah memainkan permainan ini sejak tahun 25 M. Perlahan namun pasti olah raga ini berkembang hingga di Eropa, banyak kaum Hawa dari negara-negara di Benua Biru yang senang memainkan si kulit bundar, tetapi tidak sedikit kalangan yang menentang karena sepak bola untuk wanita dianggap sesuatu hal yang tabu.
Pada sekitar tahun 1921 diadakan laga sepak bola wanita pertama di Inggris, tepatnya di Kota Everton. Sangatlah mengejutkan, karena ternyata respon dari para pecinta sepak bola ternyata sangat luar biasa akan sepak bola wanita ini, buktinya pada saat itu tribun penonton sampai kelebihan kapasitas yang disebabkan banyaknya penonnton yang hadir untuk menyaksikan laga tersebut. Tidak main-main jumlah penonton yang datang mencapai 53.000 orang, mereka datang karena penasaran dengan permainan sepak bola wanita yang sebelumnya belum pernah mereka saksikan.

Selain fakta-fakta tersebut diatas, masih ada beberapa fakta mengenai sepak bola wanita ini. Berikut kita akan mengulas mengenai 5 Fakta seputar Sepak Bola Wanita yang perlu kamu ketahui :

- Pernah Ditentang Keberadaannya Oleh FA

Setelah laga pertama sepak bola wanita di gelar pada tahun 1921 di Everton, Inggris, pihak FA sebagai federsi sepak bola tertinggi di Negara inggris merespon dengan cepat fenomena tersebut. Mereka lalu membuat kebijakan bahwa sepak bola wanita dilarang untuk dimainkan di Negara Ratu Elizabeth tersebut dengan alasan bahwa olah raga sepak bola sangat tidak cocok untuk dimainkan oleh kaum hawa.

- Piala Dunia Wanita Pertama

Meskipun sebelumnya sempat dikecam oleg FA, namun pada tahun 1980an akhirnya sepak bola wanita dapat diterima oleh dunia. Karena olah raga sepak bola wanita ini sudah mulai populer, pada tahun 1991 FIFA pun menggelar Piala Dunia sepak bola wanita untuk yang pertama kalinya, gelaran tersebut diselenggarakan di Cina. Pada edisi pertama gelaran Piala Dunia sepak bola wanita ini tim Amerika Serikat keluar sebagai pemenangnya. 

Sejak saat itu Piala Dunia sepak bola wanita pun rutin digelar setiap 4 tahun sekali, dan tahun 2015 yang lalu merupakan ajang Piala Dunia sepak bola wanita ke-7 yang digelar di Negara Kanada.

-  Sama-Sama Bermain Dengan Keras

Sama seperti pertandingan sepak bola pada pria, sepak bola wanita pun menyuguhkan permainan yang keras bahkan cenderung kasar, seperti halnya menjegasl lawan hingga saling menarik rambut yang biasanya jika laki-laki menarik baju. Mungkin itu semua dilakukan karena keinginan kuat untuk memenangkan pertandingan.

- Pemain Dengan Gaji Termahal

Seperti halnya sepak bola pria, dalam dunia sepak bola wanita pun terdapat dengan bayaran termahal. Namun sedikit berbeda dengan sepak bola kaum Adam, gaji pemain termahal dalam dunia sepak bola wanita tidak lah sepantastis gaji pemain sepak bola lelaki. Adapun pemegang pemain dengan gaji termahal dalam dunia sepak bola wanita saat ini dipegang oleh Abby Wambach, dia digaji sebesar Rp. 2,17 Miliar pertahunnya, dia saat ini bermain untuk klub Western New York Flash dan sudah menorehkan 140 gol.

- Test Doping

Dalam dunia sepak bola pria apabila seorang pemain bermain terlalu bagus, mungkin akan timbul kecurigaan bahwa pemain tersebut menggunakan doping, maka dilakukan lah pengetesan terhadapnya. Dalam dunia sepak bola wanita pun terdapat pengetesan apakah pemain tersebut menggunakn doping atau tidak saat dia bermain begitu baik, tetapi tidak hanya test doping yang harus di jalani oleh sang pemain dia juga harus membuktikan bahwa dirinya benar-benar seorang wanita dengan cara melepaskan seluruh pakaiannya.

Itulah informasi mengenai 5 Fakta seputar Sepak Bola Wanita yang perlu kamu ketahui, olah raga memang diperuntukan bagi semua kalangan tidak terkecuali sepak bola, maka tidak heran bila sepak bola wanita ini kini sudah bisa diterima keberadaannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: