7 Kiper Yang Mencatatkan Namanya Sebagai Kiper Terbaik Sepanjang Masa | KataSaya

7 Kiper Yang Mencatatkan Namanya Sebagai Kiper Terbaik Sepanjang Masa

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya sekalian, tahukah kamu bahwa seorang kiper atau penjaga gawang merupakan salah satu posisi pemain yang sangat vital dalam permainan sepak bola, hal ini karena seorang kiper harus bisa mempertahankan jala gawangnya agar tidak terkoyak oleh lawan, bahkan keberadaan seorang kiper yang piawai dalam menjaga gawangnya dapat merubah sebuah kesebelasan menjadi tidak terkalahkan.

Dalam sejarah persepakbolaan dunia tercatat beberapa nama kiper yang menyandang gelar sebagai kiper terbaik sepanjang masa, sehingga memberikan kebanggaan tersendiri tidak hanya bagi sang kiper tetapi juga bagi klub yang ia bela. Maka tidak heran kiper-kiper berikut ini juga pernah menjadi rebutan klub-klub besar untuk mendapatkan jasanya.

Dalam artikel kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai kiper-kiper yang pernah menorekhan namanya sebagai kiper terbaik sepanjang masa, berikut ini ulasannya :

- Lev Yashin

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Lev Yashin dianggap sebagai kiper terhebat sepanjang masa, kiper asal Uni Soviet ini sepanjang karirnya telah menggagalkan 150 tendangan penalti dan menjadi satu-satunya kiper yang menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa. Karena kehebatannya kiper ini dijuluki sebagai si laba-laba hitam, dari total 812 pertandingan yang dijalaninya kiper satu ini berhasil untuk tidak kebobolan dalam 500 pertandingan yang ia jalani.

- Gordon Banks

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Banks berhasil meraih juara pada ajang Piala Dunia tahun 1966 bersama Inggris, akan tetapi ia terkenal justru pada ajang Piala Dunia 4 tahun kemudian yaitu pada tahun 1970, setelah berhasil menggagalkan sundulan dari seorang Pelé. Hal tersebut dianggap sebagai sebuah penyelamatan terbaik yang pernah dilakukan oleh seorang kiper. Kala itu Pelé sudah berteriak gol karena yakin sundulannya akan berbuah angka, namun Banks berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dari sudut kanan gawang.

- Dino Zoff

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Ajang Piala Dunia tahun 1982 merupakan puncak karir dari seorang kiper asal Italia bernama Dino Zoff, di usianya yang menginjak 40 tahun menjadikannya sebagai pemain gtertua yang berhasil meraih tittle juara Piala Dunia. Selain itu ia juga menjadi kiper kedua yang menjadi kapten dalam tim yang menjadi juara di ajang Piala Dunia, serta memperoleh gelar sebagai kiper terbaik. Padahal pada awal karirnya, Dino Zoff pernah ditolak oleh klub Inter Milan dan Juventus dengan alasan tinggi badan yang dianggap kurang untuk posisi seorang kiper.

- Peter Schmeichel
http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Tinggi besar, rambut pirang dan hidung merah mungkin menjadi hal yang kamu ingat ketika mendengar nama Peter Schmeichel, namun bagi para penyerang yang pernah menjadi lawan Manchester United kala Peter Schmeichel menjadi kiper di klub tersebut dan juga tin Nasional Denmark, The Great Dane menjadi sebuah tembok yang sulit untuk ditembus.

Bagi orang seukuran dia, Peter Schmeichel memiliki refleks yang sangat bagus. Ia juga memiliki kemampuan melempar yang sangat jauh sehingga dapat membantu mengubah pertahanan menjadi sebuah penyerangan atau Counter Attack dengan baik. Peter Schmeichel juga menjadi salah satu kunci dari klub Manchester United dalam mendominasi Liga Premier Inggris pada era 1990-an.

- Oliver Kahn

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Oliver Kahn berhasil meraih juara Piala Eropa bersama Jerman pada tahun 1996, serta meraih Golden Ball untuk penampilannya di Piala Dunia tahun 2002 dimana kala itu Jerman hanya berhasil meraih juara ke-2 setelah kandas di tangan Brazil pada laga final. Ia juga meraih IFFHS kiper terbaik sebanyak 3 kali

- Edwin Van Der Sar

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Van Der Sar meraih tittle juara Liga Champions bersama Ajax pada tahun 1995, dan meraih tittle juara yang sama pada 13 tahun kemudian kala memperkuat raksasa Inggris Manchester United pada tahun 2008. Meski belum pernah meraih gelar juara Piala Dunia serta Piala Eropa dia tetaplah salah satu kiper terbaik dalam level klub.

- Gianluigi Buffon

http://www.katasaya.net/2016/04/7-kiper-yang-mencatatkan-namanya.html

Dalam ajang Piala Dunia 2006, gawang Buffon tidak tertembus 1 gol pun selama kurang lebih 453 menit hingga akhirnya Azzurri menjadi juara dan Buffon mendapatkan Lev Yashin Award sebagai kiper terbaik selama turnamen tersebut.

Nilai transfer yang menjadikannya kiper termahal di dunia menjadi salah satu bukti kepiawaian Buffon dalam menjaga gawang di lapangan hijau. Selain itu, sederet gelar individual yang diraihnya dari berbagai pihak juga menjadi jaminan atas kemampuannya tersebut.

Baca Juga : 9 Fakta Seputar Pelatih Kenamaan Jurgen Klopp

Itulah ulasan mengenai 7 kiper yang pernah menorekhan namanya sebagai kiper terbaik sepanjang masa sahabat Saya sekalian, adakah diantara nama kiper-kiper tersebut merupakan kiper favorit kamu?. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: