Serba Serbi Emplod, Cemilan Renyah Dan Gurih Khas Kabupaten Garut | KataSaya

Serba Serbi Emplod, Cemilan Renyah Dan Gurih Khas Kabupaten Garut

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/04/serba-serbi-emplod-cemilan-renyah-dan.html

Sahabat Saya seklaaian, Garut memiliki banyak kuliner khasnya, meskipun tidak terkenal seperti halnya Dodol, salah satu kuliner khas Kabupaten Garut ialah kue yang bernama Emplod atau bisa juga disebut Endog Lewo. Bentuk kue satu ini menyerupai telur atau dalam bahasa sunda disebut dengan endog dan terbuat dari singkong.

Asal-usul kue ini, ialah barasal dari Kampung Lewo, tepatnya di Kampung Cicadas, Desa Sukajaya, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Oleh sebab itulah maka makanan ini diberi nama Endog lewo, namun masyarakat Garut lebih mengenalnya dengan sebutan kue Emplod.

Kue ini mulai populer sejak awal tahun 1980-an. Pada mulanya pembuatan Emplod ini berasal dari keinginan masyarakat Kampung Cicadas untuk memanfaatkan singkong-singkong yang tersisa dari hasil pengolahan pabrik tepung tapioka yang berada di daerah tersebut, maka warga kampung akhirnya berinisiatif untuk mengolah singkong-singkong sisa pabrik tapioka untuk dijadikan makanan yang dapat dikonsumsi, sehingga terciptalah Emplod atau Endog Lewo ini.

Proses pembuatan Endog Lewo terbilang mudah, bahan dasarnya adalah singkong jantung atau di daerah asalnya sendiri disebut dengan sampeu jantung. Singkong ini besifat beracun apabila tidak diolah secara benar, untuk menghilangkan sifat racun tersebut maka singkong ini haruslah digiling dan setelah itu dihilangkan sari patinya dengan cara diperas selama kurang lebih 24 jam. Hal ini bertujuan agar sari pati yang mengandung racun benar-benar terbuang dan setelah itu dapat diolah menjadi Endog Lewo.

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa pembuatan kue Emplod ini terbilang sangat mudah, adapun dalam pembuatan kue Emplod ini bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang diperlukan adalah sebagai berikut : 

Bahan-bahan Yang Diperlukan : 

- 50 gram tepung terigu, 
- 50 gram tepung tapioka, 
- 100 gram singkong kukus yang sudah dihaluskan, 
- 25 gram margarin, 
- 25 gram tepung sagu, 
- 1/4 sendok teh garam, 
- 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk, 
- 75 gram keju cheddar parut, 
- 1 sendok teh baking powder, 
- 1 sendok makan air hangat, 
- 1 butir telur, dikocok lepas,
- Minyak yang dipergunakan untuk menggoreng.

Cara membuat kue Emplod : 

- Aduk tepung terigu, tepung tapioka, singkong, margarin, tepung sagu, garam, kaldu ayam bubuk, keju cheddar parut, baking powder, air, dan telur sampai tercampur rata. 
- Gumpalkan, dan bentuk bulat-bulat sebesar kelereng. 
- Kemudian masukkan ke dalam minyak dingin yang sudah disediakan, goreng di atas api kecil hingga kering dan matang. 
- Setelah matang kemudian tiriskan kue Emplod yang sudah jadi tadi.
- Kue Emplod siap disajikan.

Baca Juga : Serba Serbi Kue Serabi

Itulah ulasan mengenai resep serta cara membuat kue Emplod, mungkin kue khas Kota Garut ini dapat menjadi daftar makanan ringan wajib baik dibuat sendiri atau pun sebagai oleh-oleh khas saat berkunjung ke Kabupaten Garut, bagi para pencinta kuliner khas di wilayah Priangan Timur dan Nusantara. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: