Metode Food Combining Diet, Apakah Itu? | KataSaya

Metode Food Combining Diet, Apakah Itu?

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/metode-food-combining-diet-apakah-itu.html

Sebenarnya ada beberapa program diet yang bisa kamu jalani untuk dapat menurunkan berat badan kamu yang kurang ideal, begitu tidak sembarangan program diet bisa kamu terapkan karena ada program diet yang tidak cocok bagi beberapa orang. Untuk itu sebaiknya sebelum menjalankan diet kamu harus memahami terlebih dahulu program yang akan kamu jalani, dan bijak-bijaklah dalam memilih program diet yang sesuai dengan kamu.

Nah, sahabat Saya sekalian kita akan membahas untuk kamu sekalian mengenai salah satu Program diet yang mungkin akan cocok untuk kamu terapkan untuk menurunkan berat badan, adapun program diet tersebut yang akan kita bahas kali ini ialah Food Combining Diet. Berikut ini ulasannya.

Metode Diet Food Combining pertama kali diperkenalkan oleh Dr. William Howard Hay, yang merupakan seorang dokter dan ilmuwan asal Amerika Serikat, food combining awalnya hanya sebagats merupakan sebuah konsep diet. Namun, penelitian lebih lanjut menemukan bahwa diet ala Hay ini juga sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang secara umum. Bahkan dengan menerapkan konsep food combining yang tepat, seseorang bisa terbebas dari penyakit berat seperti tekanan darah tinggi, ginjal kronis, dan pembengkakan jantung. 

Saat ini Food Combining menjadi salah satu metode atau program diet yang banyak di kenal di kalangan masyarakat, tetapi tahukah kamu apa itu Food Combining Diet itu?, Food Combining Diet bisa diartikan sebagai penerapan pola makan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh manusia dengan cara tetap mempertahankan pola makan 4 sehat 5 sempurna, memperhitungkan siklus pencernaan tubuh manusia, memperhitungkan sifat asam basa makanan serta memperhatikan jenis atau kelompok makanan yang akan dimakan. Misalnya dalam Food Combining Diet dikenal istilah kelompok makanan netral, pati, protein, dan sayuran yang masing-masing akan dikombinasikan ketika kamu mengkonsumsinya.

Untuk menerapkan ada beberapa metode yang harus diperhatikan, diantara kamu harus memperhatikan setiap fungsi tubuh yang jam kerjanya tetap dan sistematis dalam siklus waktu 24 jam setiap harinya, selain itu juga menerapkan kombinasi makanan yang selalu seimbang akan membuat PH tubuh juga tetap seimbang. Oleh sebab itu 3 siklus yang harus kamu perhatikan adalah siklus pencernaan, siklus penyerapan makanan, dan siklus pembuangan makanan.

Jadi, untuk kamu yang ingin menerapkan diet Food Combining ini, kamu bukan hanya harus memperhatikan kapan waktu makan yang tepat, tetapi juga keseimbangan asam basa makanan yang akan kamu makan. Beberapa hal lain yang menjadi titik tekan praktik food combining diet, diantaranya:

- Mengetahui bahwa setiap makanan memiliki  waktu pencernaan yang berbeda.
- Makanan dikombinasikan  sesuai sifat asam basanya.
- Buah dikonsumsi terpisah dengan makanan lain.
- Menggunakan lemak dan minyak secukupnya.
- Memakan seberagam mungkin jenis makanan.
- Tidak langsung tidur setelah makan.

Kelebihan Food Combining Diet dengan diet lainnya, adalah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan metabolisme tubuh pun menjadi lancar; risiko penyakit degeneratif menurun karena konsumsi sayur dan buah dalam porsi cukup, serta meminimalisir konsumsi lemak.

Baca Juga : Beberapa Alasan Mengapa Seseorang Harus Menjalankan Program Diet

Di sisi lain Food Combining Diet dianggap memiliki kekurangan seperti halnya meningkatkan resiko malnutrisi, tidak baik diterapkan bagi anak-anak, remaja, dan ibu hamil. Itulah sedikit ulasan mengenai sebuah metode atau program diet yaitu Food Combining Diet, yaitu sebuah metode diet yang mengacu pada 3 siklus tubuh manusia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: