Serba Serbi Mie Belitung, Mie Lezat Yang Spesial Khas Belitung | KataSaya

Serba Serbi Mie Belitung, Mie Lezat Yang Spesial Khas Belitung

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-memasak-mie-belitung.html

Sahabat Saya Sekalian | Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hingga saat ini Kepualuan Bangka Belitung masih terkenal dengan kekayaan alamnya yang berupa Timah dan Lada. Pernah dulunya Bangka Belitung dikenal sebagai penghasil timah terbesar di dunia dan juga penghasil lada dengan kualitas terbaik yang harga di pasarannya mencapai hingga Rp.200.000 setiap kilogramnya. 

Belum lagi unggulan lain dari provinsi berjuluk Negeri Laskar Pelangi ini yaitu dari segi pariwisatanya yang membuat wisatawan terus berdatangan disaat liburan untuk menikmati keindahan pantai-pantai yang berwarna biru dihiasi dengan bebatuan granit raksasa di bibir pantainya. Selain dari sektor pariwisatanya, terdapat hal menarik lain yang tidak kalah serunya untuk dinikmati dari Bangka Belitung, yaitu wisata kulinernya yang khas. 

Pulau Bangka sendiri terkenal dengan Mie Bangka atau Bakmi Bangkanya yang biasa disajikan bersama potongan ayam kecap, baso ikan, seafood seperti Ikan, Kepiting dan lain-lain, pangsit, tauge dan sayur caisim. Dengan bumbu pelengkapnya yang berupa lada, daun bawang, kecap asin, tongcai, jeruk kunci, garam, gula putih atau gula pasir dan saus cabai pedas khas Pulau Bangka.

Sedangkan di Pulau Belitung juga terdapat sajian mie yang terkenal bernama Mie Belitung, yaitu sajian mie Atep yang disajikan dalam piring yang berisi mie kuning yang disiram kaldu udang, diberi potongan kentang rebus, timun, taoge, dan tahu. Kuahnya yang berwarna kecoklatan perpaduan yang pas antara kaldu udang, gula aren, merica, serta aneka rempah lainnya.

Dari kedua mie khas Bangka Belitung ini memiliki rasa kelezatan yang berbeda dengan rempah-rempah dan bumbu pelengkap masing-masingnya. Setiap wisatawan yang berlibur tentunya tidak akan melewatkan kuliner khas Bangka Belitung ini. Nah, pada kesempatan kali ini selain apa yang kita bahas sebelumnya, kita juga akan membahas buat kamu sekalian sahabat mengenai resep salah satu mie dari Pulau Bangka Belitung ini, yaitu Mie Belitung. Berikut ini ulasan mengenai resep serta cara membuat Mie Belitung.

Bahan Untuk Membuat Mie Belitung :

- 300 gram mie telur, rebus kemudian tiriskan
- 150 gram taoge, buang bagian akarnya, lalu seduh
- 2 buah mentimun yang diiris-iris
- 2 buah kentang yang direbus lalu dipotong-potong bentuk dadu
- 3 buah tahu goreng, dipotong-potong

Bahan Untuk Membuat Kuah :

- 1 liter air
- 300 gram udang yang dikupas lalu dicuci, kulit dan kepalanya jangan dibuang
- 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
- 4 cm kayu manis
- 150 gram ebi
- 3 sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan gula merah
- 2 sendok makan tepung kanji lalu larutkan dengan 6 sendok air

Bahan Untuk Membuat Bumbu Halus

- 6 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri
- 3 cm lengkuas
- 2 cm jahe
- ½ sendok teh merica
- Garam secukupnya

Cara Membuat Mie Belitung

- Rebus air bersama dengan kulit serta kepala udang, lalu angkat setelah matang dan saring, kemudian pisahkan kaldunya.
- Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus bersama kayu manis dan ebi. Tumis hingga tercium bau harum. 
- Masukan udang, kemudian masak hingga udang tersebut berubah warna. Tuang kedalam kaldu, kemudian rebus kembali dambil diberi kecap manis dan gula merah. Masak hingga mendidih dan tambahkan garam jika perlu. Lalu kentalkan dengan larutan tepung kanji, aduk-aduk hingga merata, kemudian angkat.
- Tata mie, taoge, mentimun, kentang, tahu dan telur diatasa mangkuk atau piring, kemudian siram dengan kuah. 
- Sajikan Mie Belitung dengan emping goreng dan sambal rebus sebagai pelengkap.
- Mie Belitung siap disajikan.



Itulah ulasan mengenai resep serta cara membuat Mie Belitung yang praktis namun tetap lezat, selamat mencobanya di rumah sahabat sekalian. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: