Serba Serbi Crepes, Kue Dadar Lezat Dengan Sejarah Panjang | KataSaya

Serba Serbi Crepes, Kue Dadar Lezat Dengan Sejarah Panjang

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-membuat-crepes-pisang.html

Crepes yang pengucapan dalam bahasa Inggrisnya yaitu kreɪp, merupakan makanan sejenis kue dadar yang sangat tipis | Sahabat Saya Sekalian. | Asal mula kata Crepes adalah dari Prancis, berasal dari bahasa Latin Crispa, yang berarti meringkuk. Crepes di Perancis kini telah dianggap sebagai salah satu hidangan nasional, selain di Perancis makanan ini juga semakin populer di Amerika Utara dan Amerika Selatan. 

Di Inggris, Crepes biasanya disajikan dengan isi. Crepes biasanya diisi dengan berbagai toping, mulai dari yang paling sederhana seperti hanya berupa gula halus, coklat chip, pisang, krim vanilla yang dipadu potongan strawberry dan lain sebagainya.

Bila dilihat dari sejarahnya, usia Crepes ini sudah sangat tua. Menurut beberapa sumber, Crepes sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Crepes dikenal sebagai kue dadar yang dimasak di atas wajan datar. Eropa mengklaim sebagai tempat lahirnya Crepes.

http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-membuat-crepes-pisang.html

Sementara itu beberapa sumber mengatakan bahwa resep crepes ditemukan pertama kali di Perancis pada tahun 1390. Memang, banyak sekali teori yang menyebutkan soal sejarah Crepes ini, bahkan dengan berbagai resepnya. Tetapi dalam prakteknya proses pembuatan Crepes tidak semudah sebagaimana yang sudah banyak ditulis. Untuk itu pada kesempatan ini, kita akan bahas buat kamu sekalian mengenai resep serta cara membuat Crepes yang praktis. Berikut ini ulasannya.

Bahan Kulit Crepes :

- 200 gram tepung terigu dengan protein sedang
- 1 sendok teh baking powder
- 1 butir telur
- 50 gram gula pasir halus
- 300 susu cair
- 1/4 sendok teh garam
- 2 sendok makan margarin, kemudian dilelehkan

Bahan Isi Crepes (Disini Kita Ambil Contoh Crepes Isi Pisang) :

- 3 buah pisang ambon, kemudian potong-potong setebal 1/2 cm
- 25 gram meises cokelat
- 125 gram keju cheddar parut

Cara Membuat Crepes isi Pisang :

- Kocok telur dan gula pasir halus hingga gula benar-benar larut. Kemudian tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk merata.
- Campurkan tepung terigu dan baking powder, aduk-aduk hingga merata
- Tuangkan adonan gula dan telur tadi sedikit demi sedikit ke adonan tepung terigu dan baking powder sambil terus diaduk hingga merata. 
- Kemudian tambahkan garam dan margarin leleh sambil terus diaduk-aduk hingga merata.
- Panaskan wajan datar.
- Tuang satu sendok sayur kecil adonan Crepes yang tadi telah dibuat kedalam wajan yang sudah panas, dan ratakan hingga tipis adonan tersebut.
- Tata pisang ambon diatas kulit Crepes, tabur meises cokelat, dan keju parut di atasnya. Lipat kulit Crepes tersebut.
- Crepes isi pisang pun siap untuk disajikan.



Itulah ulasan mengenai resep serta cara membuat Crepes sahabat sekalian, mungkin dalam resep diatas kita ambil contoh Crepes isi pisan, namun kamu bisa berinovasi sendiri dengan mengganti isinya. Kamu bisa tambahkan krim vanila yang dipadukan dengan potongan strawberry atau blueberry, atau juga coklat chip dengan cara yang serupa. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: