Serba Serbi Kue Bika Ambon, Kue Legit dan Kenyal Asal Kota Medan | KataSaya

Serba Serbi Kue Bika Ambon, Kue Legit dan Kenyal Asal Kota Medan

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-membuat-kue-bika-ambon.html

Saat mendengar nama kue Bika Ambon, mungkin hal yang pertama kamu pikirkan adalah asal makanan ini yaitu dari Ambon bukan begitu | Sahabat Saya Sekalian?, | tetapi itu merupakan hal yang keliru. Meski memiliki nama Bika Ambon, kue ini bukanlah kue yang berasal dari Ambon melainkan berasal dari kota Medan, Sumatera Utara.

Bika Ambon merupakan kue berbentuk persegi pipih berwarna kuning, yang permukaannya nampak seperti pori-pori kulit manusia sementara bagian bawahnya keras. Saat dimakan, citarasa yang begitu legit bercampur dengan sensasi kenyal di lidah, dengan aroma harum pandan yang menyengat. 

Bika Ambon terkenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan, Sumatera Utara. Namun tahukah kamu mengapa mengapa kue legit berongga-rongga ini dinamakan dengan Bika Ambon?.

Nama Bika sendiri terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka, yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang berbahan Nira atau tuak Enau agar berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu tersebut. Sementara itu disebut Bika Ambon karena pertama kali makanan ini dijual dan popular yaitu di persimpangan Jalan Ambon, Sei Kera Medan. Diperkirakan, sebutan Bika Ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu hanya mengenal kue Bika yang diproduksi di Jalan Ambon tersebut. Penyebutan Bika Ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini. 

Bika Ambon nampaknya mulai beradaptasi mengikuti laju zamannya. Kini, Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, namun memiliki berbagai varian warna dan rasa. Kini Bika ada yang dibuat dengan rasa pandan, durian, keju, cokelat, dan lain sebagainya.

Begitulah asal usul nama si legit dari Medan ini, lalu apakah ada resep mudah untuk membuat Bika Ambon?, jawabannya ada. Nah, dalam artikel ini kita akan bahas buat kamu sekalian mengenai resep dan cara membuat kue Bika Ambon yang lezat tetapi praktis. Berikut ini ulasannya.

Bahan-Bahan Utama Yang Harus Disiapkan :

- 300 gram Tepung Sagu 
- 100 gram Tepung Terigu yang biasa di gunakan untuk membuat roti dengan kadar protein yang sedang.
- 200 ml air kelapa yang di ambil dari kelapa muda segar
- 11 gram ragi instant untuk pengembang 
- 600 ml Santan, lebih baik gunakan santan asli dan kental.
- 15 hingga 18 butir teluraAyam, ambil kuning telurnya aja.
- 1 sendok kecil atau sendok teh vanili dan garam dapur.
- 450 gram gula pasir putih.

Cara Membuat Kue Bika Ambon :

- Campurkan 100 gram tepung terigu dan ragi instan, aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur merata.
- Masukkan sedikit demi sedikit air kelapa segar ke dalam tempat campuran terigu dan ragi tadi sambil tetap diaduk secara perlahan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur merata, dan diamkan sekitar 14 hingga 16 menit sambil mempersiapkan bahan yang lain.
- Kemudian masukkan 400 gram gula pasir, 1 sendok garam dan vanili. Campur rata semua bahan tersebut dengan spatula. Lalu masukkan satu persatu sambil di aduk telur ayam ke dalam adonan gula pasir, garam, dan vanili tadi. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata.
- Setelah itu ambil adonan bahan yang sudah didiamkan selama kurang lebih 15 menit tadi, kemudian campurkan dengan adonan gula pasir, garam, vanili dan telur tadi. Aduk hingga merata dan tambahkan tepung Sagu. 
- Ambil santan kental tadi, masukkan sedikit demi sedkit ke dalam adonan sambil tetap di aduk. Harap diperhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya semua bahan bahan di atas bisa menyatu dengan sempurna.
- Setelah tercampur rata, diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 2 jam supaya hasil Kue Bika Ambon nantinya mengembang dengan baik.
- Sambil menunggu adonan kuenya tadi, panaskan oven terlebih dahulu.
- Ambil loyang atau cetakan dan olesi dengan minyak sedikit untuk menghindari adonan kuenya menjadi lengket pada loyang nantinya.
- Masukkan semua adonan ke dalam cetakannya. 
- Lalu panggang adonan kue tadi dengan menggunakan api yang sedang.
- Panggang sekitar 7 hingga 13 menit, sampai warna kulit luar kuenya berwarna kuning kecoklatan.
- Setelah kue sudah berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan kue Bika Ambon tersebut, kue Bika Ambon siap dihidangkan.


Itulah ulasan mengenai resep dan cara membuat kue Bika Ambon secara praktis di rumah kamu sahabat sekalian, kue kenyal asal Kota Medan yang banyak disukai bukan hanya oleh orang Medan sendiri tetapi sudah merambah kota-kota di Indonesia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: