Serba-Serbi Kue Serabi, Pancake Gurih Dan Legit Khas Indonesia | KataSaya

Serba-Serbi Kue Serabi, Pancake Gurih Dan Legit Khas Indonesia

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-membuat-kue-serabi.html

Serabi atau yang dikenal oleh orang Bandung dan Jawa Barat sebagai Kue Surabi adalah salah satu kue tradisional khas Indonesia | Sahabat Saya Sekalian. | Serabi banyak jenisnya, bahkan daerah Solo juga ada serabi dengan ciri khas rasanya yang lebih manis dan sedikit tipis. Sementara Serabi khas Bandung cenderung lebih tebal dan memiliki cita rasa gurih.

Seiring perkembangannya, kue serabi di Bandung semakin bervariasi dalam hal rasanya mulai dari serabi rasa stoberry, rasa keju, rasa coklat dan masih banyak lagi. Bandung memang terkenal dengan jajanan serabinya, jika kamu sedang jalan-jalan dan berkunjung ke kota Kembang ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan serabi yang beraneka ragam rasa di kota ini.

Ada 5 fakta unik pada kue serabi yang mungkin belum kamu ketahui, diantaranya :

1. Arti Kata Serabi

Serabi atau surabi berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang berarti besar, atau dalam bahasa Jawa yaitu “suro” yang artinya juga besar.

2. Keaslian Serabi Sebagai Kue Khas Indonesia Masih Diperdebatkan

Menurut pakar kuliner, Bondan Winarno, asal muasal Serabi ada dua kemungkinan. Yaitu dari india, disana kudapan dari tepung beras dan santan disebut appam. dan pengaruh dari Belanda, terutama bila dilihat dari jajanan di Sumatera Barat yang disebut pinukuik yang merupakan pancake dalam bahasa Belanda.

3. Jenisnya Bermacam-macam Dan Ada Di Berbagai Daerah Di Indonesia.

Di Jawa Barat lebih dikenal dengan sebutan Serabi Bandung, menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama dan disajikan dengan kuah dari gula jawa dan santan. Ada juga serabi rengasdengklok yang umumnya berwarna hijau karena mengandung bahan pendukung daun suji, adonannya selain tepung beras juga dicampur tepung ketan dan disajikan dengan saus gula merah. Di Kuningan, serabi dimakan dengan gorengan seperti pia-pia atau bakwan sayur, goreng oncom, cireng atau comro. Di Jawa tengah lebih dikenal dengan sebutan Serabi Solo, bahan utamanya tepung beras  dan santan. Di Jakarta lebih dikenal dengan sebutan Kue Ape, menggunakan tepung terigu dan susu sebagai bahan utama dan cenderung seperti serabi solo yang bertekstur lembut. Di ranah minang serabi menggunakan kuah dari campuran gula dan buah-buahan, terutama serabi kuah durian yang paling banyak dicari.

4.  Serabi Mengiringi Peristiwa Penting.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, ada semacam kenduri pada tanggal 27 Rajab saat memperingati Isra Mi’raj, dengan sajian utama kue serabi atau apem. Pada masyarakat Aceh, terdapat kisah yang mengiringi tradisi ini. Dikisahkan, ada seseorang yang ingin mengetahui nasib orang dalam kubur. Ia pun berpura-pura mati dan dikubur di dalam tanah, ketika malaikat maut bertanya tentang agamanya, ada benda berbentuk bulat yang melindunginya. Begitu ia keluar dari tanah, benda bulat itu ternyata kue serabi atau apem yang sedang dibuat dan dibagikan keluarganya. Tradisi ini mulai terkikis dan hanya dilakukan oleh kalangan orang tua saja.

5. Serabi Naik Kelas.

Untuk membuat jajanan tradisional lebih disukai masyarakat dan menepis anggapan bahwa kue ini hanya untuk masyarakat kelas rendah, banyak penjual yang membuat kreasi unik Kue Serabi dengan menambahkan beragam toping. Dari mulai keju, oncom, sosis, telur, coklat, pisang, bahkan diberi warna pelangi sehingga disebut serabi rainbow.

Jika kamu tidak ingin membeli kue serabi, maka sebaiknya kamu mencoba membuat sendiri kue serabi ini dirumah. Lalu bagaimana sih resep dan cara membuat Kue Serabi ini? Caranya cukup mudah, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan sebagai berikut ini.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue Serabi :

- 150 gram kelapa parut muda.
- 2 sdm minyak goreng.
- 500 ml santan kelapa.
- 250 gram tepung beras (kwalitas baik).
- 1/2 sdt garam halus.

Bahan Untuk Membuat Larutan Gula :

- 500 ml santan kelapa.
- 2 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul). 
- 1/2 sdt garam halus.
- 250 gram palm sugar.

Cara Membuat Kue Serabi :

- Campurkan tepung beras, kelapa parut, garam, lalu tuangkan pula santan kelapa secara perlahan sambil diaduk hingga adoanan merata.
- Setelah itu, siapkan cetakan serabi kemudian beri sedikit minyak goreng. Setelahnya tuangkan adonan yang sudah tercampur rata tadi kedalam cetakan, masak adonan serabi sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan.
- Masak semua adonan hingga habis.
- Selanjutnya, masak secara bersamaan semua bahan larutan gula merah hingga mendidih, setelah mendidih lalu angkat dan dinginkan.
- Terakhir, Sajikan kue serabi diatas piring saji dan tuangkan larutan gula diatasnya.

Itulah sahabat sekalian ulasan mengenai resep serta cara membuat Kue Serabi, salah satu kue khas Jawa Barat yang enak disantap selagi masih panas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian sahabat.
loading...

Subscribe to receive free email updates: