Serba Serbi Pempek, Makanan Dari Bahan Ikan Yang Lezat | KataSaya

Serba Serbi Pempek, Makanan Dari Bahan Ikan Yang Lezat

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/resep-cara-membuat-pempek-atau-empek-empek.html

Mungkin kamu semua sudah tahu bahwa Pempek atau Empek-empek, merupakan salah satu jenis makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Sebenarnya tidak bisa juga dikatakan bahwa Pempek ini merupakan makanan khas Palembang, karena ternyata hampir semua daerah di Sumatera Selatan memproduksi makanan satu ini.

Cara menyajikan Pempek biasanya ditemani dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau dalam bahasa Palembang disebut cuko. Cuko sendiri terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambahkan gula merah, cabe rawit yang sudah ditumbuk, bawang putih, dan garam.

Menurut sejarahnya sendiri, Pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau dari Negara Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II memegang kekuasaan di Kesultanan Palembang-Darussalam. Nama Empek-empek atau Pempek dipercaya berasal dari kata apek, yang merupakan sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Menurut cerita rakyat zaman dahulu, Pempek berawal ketika seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan yaitu sebuah daerah di tepian Sungai Musi, merasa prihatin melihat tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi namun belum bisa dimanfaatkan seluruhnya dengan baik, baru sekedar digoreng dan dipindang semata.

Lalu sang apek tersebut kemudian mencoba membuat inovasi baru dalam mengolah ikan. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga menghasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan keliling kota. Karena penjualnya dipanggil dengan sebutan apek, maka makanan tersebut akhirnya dikenal dengan nama Empek-empek atau Pempek. Meskipun cerita tersebut masih menimbulkan banyak perdebatan hingga saat ini.

Pada awalnya pempek dibuat dari ikan Belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan Belida, ikan tersebut diganti dengan ikan Gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih. Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, sepertihalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Ada juga Pempek yang berbahan jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, Parang-parang, Ekor Kuning, dan ikan Sebelah.

Nah sahabat, selain hal-hal tersebut diatas, dalam artikel kali ini kita akan membahas buat kamu sekalian mengenai resep serta cara membuat Pempek yang praktis sehingga kamu dapat membuatnya sediri di rumah. Berikut ini ulasannya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Pempek :

- 300 gram ikan, kemudian dihaluskan
- ¼ sendok teh penyedap rasa
- 2 sendok teh garam
- 1 siung bawang putih, kemudian dihaluskan
- 250 mili liter air
- 125 gram tepung terigu berprotein rendah
- 2 butir telur
- 1 sendok teh gula pasir
- Telur matang untuk isi Pempek
- 200 gram tepung tapioka atau sagu

Bahan-Bahan Untuk Membuat Cuko :

- 50 gram air asam jawa
- 2 sendok makan ebi kering, kemudian dihaluskan
- 250 gram gula merah atau gula aren
- Cabai rawit sesuai selera, kemudian haluskan
- 200 gram bawang putih kemudian cincang halus
- 1 liter air
- Timun yang dikupas dan potong kecil-kecil.

Cara Membuat Pempek :

- Masak air hingga mendidih, lalu tambahkan garam, penyedap rasa, bawang putih, tepung terigu, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga merata dan mengental, kemudian tiriskan.
- Jika sudah dingin, kemudian tambahkan telur dan ikan yang sudah dihaluskan tadi, remas-remas adonan hingga lembut dan halus.
- Kemudian tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka, remas-remas kembali hingga tercampur rata dan mudah dibentuk.
- Panaskan air. Sembari menunggu air mendidih, bentuk adonan Pempek menjadi bulat dan pipih kemudian letakan potongan telur rebus diatasnya, setelah itu menyerupai kapal selam.
- Setelah mendidih, masukan adonan Pempek yang sudah dibuat tadi dan rebus hingga adonan mengambang dan matang. Kemudian angkat dan tiriskan.
- Pempek siap untuk digoreng dan disajikan. Sebaiknya sajikan Pempek dalam keadaan masih panas atau hangat, serta tambahkan juga cuko sebagai pelengkap.

Cara Membuat Cuko :

- Rebus air, tambahkan gula merah dan asam jawa, tunggulah hingga mendidih.
- Jika sudah mendidih, kemudian masukan cabe rawit halus, garam, bawang putih, kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata.
- Setelah matang, masukan dalam wadah dan jangan lupa masukan potongan timun kedalamnya.

Sumber : www.sukamasak.net

Itulah sahabat sekalian ulasan mengenai resep serta cara membuat makanan Pempek, makanan berbahan dasar ikan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: