Serba Serbi Gulai Belacan, Gulai Udang Lezat Khas Riau | KataSaya

Serba Serbi Gulai Belacan, Gulai Udang Lezat Khas Riau

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/05/serba-serbi-gulai-belacan-gulai-udang.html

Sahabat Saya sekalian, Gulai Belacan merupakan makanan khas dari Riau yang terbuat dari bahan udang yang dipadukan dengan berbagai macam rempah-rempah pilihan yang mudah ditemukan di daerah Riau, makanan ini sangat spesial sehingga ketika kamu mencicipi kuliner pedas satu ini pasti akan menggoyang lidah kamu sekalian, serta akan membuat kamu ketagihan untuk menikmati terus kuliner yang satu ini.

Gulai  Belacan sendiri berbahan dasar udang, yang mana udang tersebut dicampur dengan bumbu rempah-rempah seperti lada, kemiri, asam jawa, serta santan. Udang yang digunakan dalam membuat kuliner satu ini bisa disesuaikan dengan selera kamu, bisa menggunakan udang sungai atau pun udang laut yang ukurannya lebih besar. Kamu juga bisa menambahkan petai sebagai bahan pelengkap dalam memasak Gulai Belacan ini.

Nah, buat kamu sekalian di rumah yang belum pernah mencicipi kuliner khas Riau yang satu ini jangan khawatir, karena pada artikel berikut ini kita akan membahas buat kamu sekalian mengenai resep serta cara memasak Gulai Belacan, Gulai Udang Lezat Khas Riau. Berikut ini ulasannya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Gulai Belacan Khas Riau :

- 1 kg udang sesuai selera kamu yang kemudian dicuci sampai bersih
- 3 bungkus terasi
- 1 liter santan kelapa
- 2 sendok makan gula pasir
- 1 1/2 sendok teh lada
- Asam Jawa secukupnya
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya yang dipergunakan untuk menumis

Bahan-Bahan Untuk Bumbu Halus Gulai Belacan Khas Riau :

- 15 siung bawang merah
- 7 siung bawang putih
- 20 butir cabai merah
- 10 butir cabai rawit merah pedas
- 10 butir kemiri

Cara Membuat Gulai Belacan Khas Riau :

- Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tunggu sampai mendidih, setelah mendidih masukkan terasi dan bumbu halus, kemudian tumis terasi serta bumbu halus tersebut hingga aromanya harum.
- Setelah selesai menumis terasi dan bumbu halus tadi, masukkan udang hingga warna udang tersebut berubah menjadi agak merah kecoklatan.
- Selanjutnya, masukan santan, lada, gula pasir, asam Jawa ,dan garam yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian aduk-aduk hingga rata secara perlahan-lahan sampai kuahnya mengental dan semua bahan matang sempurna.
- Tunggu beberapa menit hingga mendidih dan kuahnya sedikit berkurang, setelah Gulai Belacan matang kemudian angkat.
- Gulai Belacan Khas Riau siap untuk disajikan untuk disantap bersama keluarga.

Baca Juga : Serba Serbi Masakan Pendap

Itulah ulasan mengenai resep dan cara membuat Gulai Belacan khas Riau sahabat sekalian, mungkin sajian tersebut dapat dapat kamu coba buat sendiri di rumah untuk menjadi menu sajian bagi keluarga tercinta. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: