Enam Fakta Seputar Pelatih Anyar Manchester United Jose Mourinho | KataSaya

Enam Fakta Seputar Pelatih Anyar Manchester United Jose Mourinho

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/06/fakta-seputar-jose-mourinho.html

Sahabat Saya Sekalian | Saat ini mungkin tidak ada penggemar sepakbola yang tidak mengenal sosok pelatih ternama seperti Jose Mourinho, mungkin kebanyakan orang mengenal beliau lewat aksi-aksi kontroversinya. Namun meski begitu, tidak dapat kita pungkiri juga bahwa pelatih berjuluk The Special One ini, merupakan seorang pelatih bertangan dingin yang mahir meracik strategi serta taktik sepakbola.

Jose Mourinho yang memiliki nama asli Jose Mario dos Santos Felix Mourinho, beliau lahir pada 26 Januari 1963 di Kota Setubal, Portugal. Mourinho merupakan anak dari pasangan Maria Julia Carrajola dos Santos dan Felix Mourinho. 

Ayah Mourinho merupakan seorang penjaga gawang kenamaan, namun sayang bakatnya tak menurun pada Jose. Sebagai pemain, beliau pun kurang berprestasi di lapangan. Ibunya bahkan mencoba mengalihkan perhatiannya ke bidang lain dengan memasukkannya ke sekolah bisnis.

Karir Mourinho dimulai semenjak beliau berusia 26 tahunan. Pelatih bergelar Sarjana Olahraga dari Universitas Teknik Lisbon itu dengan cepat beralih profesi mulai dari mengajar, menjadi pelatih fitness, melatih tim junior kemudian menjadi penerjemah bagi Bobby Robson di klub Sporting Lisbon. 

Setelah itu beliau menjadi asisten pelatih ketika mengikuti Robson pindah ke Porto dan Barcelona. Di Barca, beliau juga sempat menjadi asisten dari Louis Van Gaal. Untuk karir kepelatihannya sendiri dimulai ketika beliau melatih Benfica pada tahun 2000. 2 tahun berselang, beliau mengambil alih kursi kepelatihan Porto dari tangan Octavio Machado. 

Selama 2 setengah tahun berkiprah di Stadion do Dragao, yang merupakan markas Porto. Mourinho berhasil membawa Porto meraih enam trofi, di antaranya trebble winners pada tahun 2003. 

Kegemilangannya di Porto membuat takjub Roman Abrahamovic, pemilik Chelsea. Mourinho akhirnya dipinang oleh Chelsea pada Juni 2004 lalu. Sejak saat itu, sosok Mourinho yang arogan dan kontroversial mulai dikenal.

Selain itu semua, ada beberapa fakta lain dari sosok pelatih ternama Jose Mourinho ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa fakta seputar Jose Mourinho. Beriut ini ulasannya :

- Karir Kepelatihan

karir kepelatihannya dimulai ketika beliau melatih Benfica pada tahun 2000. 2 tahun berselang, beliau mengambil alih kursi kepelatihan Porto dari tangan Octavio Machado. Lalu pada tahun 2004, berkat penampilan impresifnya, Roman Abrahamovic akhirnya merekrut Mourinho untuk menukangi Chelsea.

Karena adanya perselisihan dengan petinggi Chelsea, akhirnya pada pertengahan tahun 2008 beliau hijrah ke Serie A Italia dan bergabung dengan Inter Milan. Setelah sukses bersama Inter Milan, Mourinho hijrah ke La Liga dan bergabung dengan raksasa Spanyol yaitu Real Madrid pada pertengahan tahun 2010.

Karirnya bersama Real Madrid tidak bisa dikatakan buruk, namun karena hubungannya kurang harmonis dengan para pemain, pada tahun 2013 beliau akhirnya mengakhiri kerjasamanya bersama Los Blancos dan kembali ke Liga Inggris untuk menangani Chelasea. Dan yang paling anyar, setelah kontraknya bersama Chelsea diakhiri, tepatnya pada 26 Mei 2016 lalu Beliau diperkenalkan ke publik Old Trafford sebagai pelatih terbaru Manchester United.

- Bersitegang Dengan Roman Abrahamovic

Mourinho pernah bersitegang dengan Roman Abramovich, saat pertandingan terakhirnya bersama Chelsea pada tahun 2007. Beliau bahkan sampai mengumpat sang presiden klub Chelsea tersebut atas ketidakmampuanya membeli pemain berkualitas. Umpatan itu menjadi salah satu kuotas terbaik dari Mourinho.

- Aktif Berpartisipasi Dalam Kegiatan Sosial

Meski sering dikecam atas tingkat emosionalnya yang tinggi, tetapi pada kenyataannya Mourinho merupakan seorang yang aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial di seluruh dunia, contohnya seperti pada proyek kemanusiaan untuk anak-anak Israel dan Palestina di Portugal.

- Membintangi Beberapa Iklan

Tidak mau kalah dengan pemain sekelas David Beckham dan Cristiano Ronaldo, Mourinho juga pernah menjadi bintang dari beberapa iklan di Eropa, termasuk diantaranya iklan Samsung dan iklan American Express. Bahkan buku biografinya menjadi best seller di Portugal.

- Pernah Berurusan Dengan Polisi

Pada tahun 2007, Mourinho pernah berurusan dengan polisi Inggris, karena diduga menghalangi polisi yang hendak mengkarantina anjing peliharaannya, yang bernama Leya. Saksi mata mengatakan bahwa Mourinho merebut anjingnya dari tangan para petugas kesehatan, dan melepaskannya ke jalanan sambil bekata, "Saya telah mengirim anjing itu ke St Tropez."

- Kehidupan Asmaranya

Mourinho menikahi wanita yang dipacarinya sejak masih kecil yang bernama Tami, pada tahun 1989. Dari pernikahannya tersebut beliau memiliki 2 orang anak, yang diberi nama Matilde dan Jose Jr.


Itulah ulasan mengenai enam fakta seputar Jose Mourinho, seorang pelatih kenamaan yang kini akan menukangi klub berjuluk setan merah yaitu Manchester United. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: