Inilah Sembilan Fakta Seputar Pelatih Kenamaan Jurgen Klopp | KataSaya

Inilah Sembilan Fakta Seputar Pelatih Kenamaan Jurgen Klopp

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/06/fakta-seputar-jurgen-klopp.html

Sahabat Saya Sekalian | Buat kamu yang merupakan pecinta sepakbola, terutama fans dari Liverpool, sudah pasti mengenal pria satu ini. Pria bernama lengkap Jurgen Klopp ini tengah menukangi Klub Liverpool yang merupakan salah satu klub raksasa di Liga Inggris. Klopp lahir di Stuttgart, Jerman pada tanggal 16 Juni 2016 yang artinya Juni ini beliau akan genap berusia 49 tahun.

Pada awal karir kepelatihannya, Jurgen Klopp melatih sebuah klub Profesional asal Jerman bernama Mainz05, setelah sebelumnya ia menghabiskan karir sepak bola profesionalnya bersama klub tersebut. Jurgen Klopp telah bermain untuk klub Mainz05 sejak awal karirnya sebagai pesepakbola profesional, tepatnya dari tahun 1989 hingga tahun 2001. 

Karena dedikasinya untuk klub Mainz05 tersebutlah ia kemudian dipilih untuk menukangi klub tersebut pada tahun 2001, hingga pada tahun 2008 Klopp akhirnya memutuskan mengundurkan diri karena merasa tidak mampu membawa klubnya tersebut pada performa terbaiknya.

Setelah itu pada tahun yang sama yaitu tahun 2008, Borussia Dortmund meminangnya untuk menukangi salah satu klub besar asal Jerman tersebut.

Beberapa prestasi berhasil ditorehkan oleh Jurgen Klopp bersama Borussia Dortmund, prestasi itu diantaranya Juara DFB-Supercup pada musim pertamanya yaitu 2008/2009 dan trofi Bundesliga pada musim 2010/2011 dan 2011/2012. Sementara prestasi individunya ialah raihan sebagai pelatih terbaik Jerman pada tahun 2011 dan 2012.

Pencapaian yang baik dari seorang Jurgen Klopp selama berkarier di Dortmund, telah menjadikan Klopp sebagai salah satu pelatih terbaik asal Jerman dan masuk dalam jajaran pelatih Top kelas Dunia. Dan akhirnya pada akhir musim 2014/2015, secara mengejutkan Jurgen Klopp memutuskan untuk meninggalkan Borussia Dortmund. 

Setelah meninggalkan Borussia Dortmund Klopp menjadi bidikan banyak klub, namun dia pun memilih Liverpool sebagai labuhan barunya pada hari Kamis 8 Oktober 2015 yang lalu. Ini merupakan kali pertama bagi Klopp melatih klub di luar klub Jerman.

Dengan catatan yang luar biasa bersama Borussia Dortmund, tidak ayal membuat fans Liverpool menaruh harapan besar kepada sang pelatih. Selain fakta-fakta tersebut diatas, pada artikel berikut ini kita akan mengulas mengenai beberapa fakta seputar Jurgen Klopp. Berikut ini ulasannya :

- Pelatih Tersukses Dortmund

Jurgen Klopp bersanding dengan Ottmar Hitzfeld sebagai pelatih terbaik dari klub Borussia Dortmund, selama menangani Dortmund klopp telah menyumbang 2 gelar juara Bundesliga, 1 Piala Jerman, dan 2 Piala Super Jerman.

- Tidak Melupakan Pendidikan

Selain sepak bola, Klopp juga tidak lupa dengan pendidikannya. Saat masih aktif sebagai pesepakbola, ia meraih gelar diploma dalam bidang ilmu olahraga dari Universitas Goethe di Frankfurt.

- Peraih Penghargaan Pelatih Terbaik Jermah 2 Tahun Berturut-turut

Pada tahun 2011 dan 2012 Klopp meraih penghargaan pelatih terbaik Jerman. Hal tersebut menjadikan Klopp sebagai satu-satunya pelatih yang meraih penghargaan tersebut 2 tahun berturut-turut.

- Membawa Mainz05 Promosi Ke Bundesliga

Pada tahun 2004 Klopp berhasil membawa Mainz05 promosi ke Bundesliga untuk yang pertama kalinya.

- 2 Kali Menghadapi Liverpool

Sebelumnya Klopp pernah 2 kali menghadapi Liverpool, yang pertama ketika ia masih melatih Mainz05 dimana pada laga tersebut Liverpool takluk dari Mainz05 dengan skor yang cukup telak 5-0. Sedangkan yang kedua kalinya dia bertemu Liverpool saat masih melatih Dortmund, kala itu Dortmund ditekuk Liverpool dengan skor 0-4. Kedua laga tersebut merupakan laga persahabatan.

- Klub Favorit Jurgen Klopp

Pria berusia 49 tahun itu mengidolakan klub sepak bola asal kampung halamannya, nama klub itu adalah VfB Stuttgart. Selain itu dia juga menjadi penggemar pemain belakang Jerman Barat yang meraih 2 medali perak Piala Dunia, yaitu Karlheinz Forster.

- 6 Kali Bertemu Klub Inggris

Kala masih menukangi Dortmund, Klopp sudah 6 kali bersua dengan klub asal inggris yaitu Arsenal dan Manchester City. Dari ke-e pertemuan tersebut Dortmund mengalamai 2 kali kemenangan, 2 kali imbang, dan 2 kali kalah.

- Memecahkan Rekok Poin

Bersama Dortmund, Klopp pernah memecahkan rekor poin Bundesliga yaitu sebanyak 81 poin dalam satu musim pada 2011/2012, namun rekok tersebut kembali dipecahkan oleh Bayern Muenchen yang pada saat itu ditukangi oleh Jupp Heynckes.

- Sering Berjalan Kaki

Setelah Borussia Dortmund menjalani lagai di Stadion Signal Iduna Park, Klopp sering sekali pulang dengan berjalan kaki. Hal tersebut dilakukannya agar dapat meluangkan waktunya untuk memikirkan skema permainan timnya tersebut.


Itulah ulasan mengenai sembilan fakta dari seorang Jurgen Klopp, seorang pelatih ternama yang kini menangani salah satu klub besar asal Inggris Liverpool sahabat sekalian. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: