Empat Kebiasaan Unik Masyarakat Indonesia Di Bulan Ramadhan | KataSaya

Empat Kebiasaan Unik Masyarakat Indonesia Di Bulan Ramadhan

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Bulan suci Ramadhan, merupakan bulan yang dinanti-nanti kedatangannya oleh seluruh umat Muslim di selurih dunia, bukan hanya di Indonesia. 
Biasanya pada bulan ini umat muslim berlomba-lomba memperbanyak amal ibadahnya, hal tersebut dikarenakan bulan Ramadhan merupakan bulan dimana pahala dilipat gandakan.

Bulan Ramadhan dapat disebut juga Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pendidikan, yaitu bulan dimana kita belajar untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan secara teratur, mengendalikan hawa nafsu, dan belajar mengatur waktu bekerja dan beribadah.

Selain itu semua, khususnya di Indonesia ada beberapa perkara yang hanya dapat kamu temukan dibulan Ramadhan ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas buat kamu sekalian mengenai beberapa kebiasaan masyarakat Indonesia yang hanya ada di bulan Ramadhan. Berikut ini ulasannya :

- Membangunkan Orang Untuk Sahur


Kegiatan unik ini telah berlangsung sejak lama, dan sudah menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya para warga yang membangunkan warga lainnya untuk sahur, berkeliling dengan membawa alat yang dapat menimbulkan suara yang cukup keras seperti kentongan, galon, bedug dan lain sebagainya, sambil meneriakan kata -kata "sahur... sahur..."

- Ngabuburit


Aktivitas ngabuburit atau jalan-jalan sembari menunggu datangnya waktu berbuka, sebenarnya lebih dikenal di daerah Jawa Barat. Biasanya kegiatan ngabuburit di isi dengan mencari takjil atau makanan untuk berbuka. Oleh sebab itu di bulan suci Ramadhan biasanya banyak sekali bermunculan penjual takjil, yang menjajakan jualannya menjelang waktu berbuka.

- Buka Bersama


Kegiatan yang biasa disebut dengan BukBer ini, memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, BukBer juga memiliki fungsi sebagai ajang silaturahmi sesama muslim. 

Tetapi layaknya reuni, kebanyakan BukBer dilakukan oleh sekelompok orang yang sudah memiliki hubungan pertemanan, tapi sudah lama tidak bertemu layaknya. Seperti halnya teman SMP, teman SMA, atau teman Kuliah.

- Meningkatnya Penukaran Uang


Pada bulan Ramadhan permintaan akan uang baru meningkat pesat, tujuannya untuk memberi kepada sanak keluarga, maupun para tamu. Fenomena ini hanya terjadi pada bulan Ramadhan, terlebih ketika mendekati Lebaran. Sehingga pada Bulan Ramadhan sering bermunculan jasa penukaran uang baru, biasanya pecahan Rp 5.000 hingga Rp. 20.000.

Pengguna jasa penukaran uang baru ini, sebagian besar merupakan orang-orang yang berencana untuk pulang ke kampung halamannya atau lebih dikenal dengan istilah mudik.


Itulah ulasan mengenai empat kebiasaan warga Indonesia yang hanya dapat kamu temui di Bulan Ramadhan sahabat sekalian, mungkin di negara-negara lain yang mayoritas muslim pun banyak memiliki kebiasaan-kebiasaan unik, yang hanya dapat di temukan di bulan Ramadhan yang belum kita ketahui. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: