Serba Serbi Seruit, Sambal Ikan Lezat Khas Lampung | KataSaya

Serba Serbi Seruit, Sambal Ikan Lezat Khas Lampung

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
http://www.katasaya.net/2016/06/resep-cara-membuat-seruit-khas-lampung.html

Sahabat Saya Sekalian | Pernahkah kamu mendengar makanan Seruit?, ternyata selain keripik pisang coklat Lampung juga memiliki makanan khas yang diberi nama Seruit. Lalu apa sih Seruit itu?, dari pada penasaran berikut kita sajikan ulasan mengenai makanan satu ini.

Seruit berasal dari kata nyeruit, yang artinya kegiatan makan yang dilakukan bersama-sama. Hal tersebut tidak lepas dari adat masyarakat Lampung yang gemar berkumpul dan bersilahturahim, baik itu bersama saudara maupun bersama tetangga. 

Saat berkumpul dan bersilahturahim itulah, mereka memerlukan makanan yang bisa dimakan bersama-sama, kemudian dibuatlah makanan Seruit ini. Seruit merupakan masakan beruipa ikan yang digoreng atau dibakar lalu dicampur dengan sambel terasi, tempoyak yang merupakan olahan fermentasi dari Durian, atau pun mangga.

Nah setelah tadi kita mengenal sedikit mengenai makanan Seruit, mungkin kamu ingin mengetahui juga tentang resep serta cara membuat makanan satu ini. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas buat kamu sekalian sahabat mengenai resep dan cara membuat Seruit. Berikut ini ulasannya :

Bahan-Bahan Untuk Membuat Seruit Khas Lampung :

- 500 gram ikan Patin, tetapi kamu dapat mengganti ikan Patin dengan ikan lain seperti ikan Mas, Layis, Belida atau ikan lain sesuai selera kamu.
- ½ sendok teh garam
- 1 buah jeruk nipis
- Jahe dan bawang putih secukupnya

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sambal Seruit :

- 1 bungkus terasi udang
- 50 gram cabai merah keriting, atau bisa disesuaikan dengan selera kamu
- 100 gram tomat ceri
- 3 siung bawang merah
- Tempoyak ayau Duren yang sudah difermentasi secukupnya
- 1 buah mangga, kemudian daging buahnya diiris kecil-kecil
- Air perasan jeruk nipis secukupnya
- Garam secukupnya

Cara Membuat Seruit Khas Lampung :

- Proses awal yang perlu kamu lakukan adalah membuat Tempoyak, dengan cara ambil Durian yang telah masak kemudian diberi garam. Agar proses fermentasi lebih cepat sebaiknya kamu juga menambahkan cabi rawit. Simpan adonan Tempoyak tersebut di dalam wadah yang tertutup rapat dengan sesuai keadaan ruangan selama beberapa hari.
- Setelah Tempoyak jadi, kemudian kita siap untuk membuat sambal Seruit. Pertaman-tama panggang terasi, cabai merah, bawang merah dan tomat ceri. Setelah matang, kemudian angkat dan haluskan bahan-bahan tersebut bersama Tempoyak, garam, air perasan jeruk nipis dan mangga yang telah dipotong.
- Setelah sambal siap, kita beralih dahulu keproses membuat ikan bakar. Pertama bersihkan terlebih dahulu ikan, lalu bumbui dengan bawang putih, jahe dan garam yang sudah dihaluskan, kemudian bakar.
- Setelah proses pembakartan ikan selesai, kemudian campurkan sambal dengan ikan bakar. Makan Seruit pun siap untuk disajikan.


Itulah ulasan mengenai resep dan cara membuat Seruit sahabat sekalian, kamu dapat mencoba membuat Seruit dengan praktis di rumah kamu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: