Enam Kapal Karam Yang Menjadi Spot Paling Indah Untuk Menyelam | KataSaya

Enam Kapal Karam Yang Menjadi Spot Paling Indah Untuk Menyelam

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya sekalian | Tahukah kamu, bahwa tidak sedikit diantara bangkai dari kapal-kapal yang tenggelam, kini telah menjadi sebuah spot atau obyek fotografi yang sangat indah. Beberapa diantara kapal-kapal tersebut, merupakan bangkai kapal kayu kuno, dan merupakan saksi bisu dari sejarah-sejarah masa lalu. 

Ada kurang lebih 3 juta kapal karam di dasar laut, yang ada di seluruh lautan di dunia ini. Sebagian diantaranya tenggelam akibat peperangan, dan sebagian lainnya tenggelam karena mengalami kecelakaan akibat cuaca yang tidak bersahabat, serta tidak sedikit pula yang memang sengaja ditenggelamkan. 

Nah pada kesempatan kali ini sahabat, kita akan bahas buat kamu ksekalian, mengenai beberapa kapal karam jadi spot menyelam yang terkenal dan menakjubkan. Bangkai-bangkai kapal tersebut, kini banyak diburu oleh para fotografer, karena keindahannya. Untuk mempersingkat waktu. Berikut ini ulasannya :


- Kapal Frigate 356 Di Cayman Brac

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

Ulasan pertama dibuka dengan kapal Frigate 356. Di kawasan perairan Cayman Brac yang terletak di laut selatan Cuba, serta pada kedalaman 40 sampai 90 kaki dari permukaan laut, terdapat sebuah bangkai kapal bernama Frigate 356. Kapal tersebut dibuat di Uni Soviet, tepatnya pada akhir tahun 1980, saat perang dingin terjadi. 

Setelah karam selama beberapa puluh tahun di perairan Cayman, kapal perang sepanjang 306 kaki ini, akhirnya dibeli oleh pemerintahan Cayman. Kapal tersebut sendiri dibeli, dengan tujuan untuk dijadikan sebagai sebuah monumen kapal karam di sana. 

Kapal ini kini berganti nama menjadi Kapten Keith Tibbetts. Menariknya, meskipun waktu sudah berjalan begitu lama, permukaan kapal karam ini tetap tidak berkarat. Hal tersebut dikarenakan kapal tersebut, memiliki permukaan yang anti karat. 

- Tobermory Atau Sweepstakes Di Danau Ontario

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

Berada pada kedalaman 20 kaki di bawah permukaan laut, namun masih dapat terlihat dari permukaan. Terdapat sebuah kapal bernaa Tobermory, yang dikenal juga dengan sebutan kapal Sweepstakes. Kapal sepanjang 199 kaki buatan Canada pada tahun 1867 ini, pernah digunakan untuk mengankut batubara. 

Setelah 18 tahun digunakan, kapal tersebut kemudian rusak didekat pulau Cove. Dan akhirnya dipindahkan, ke sebuah pelabuhan besar di Fathom Five, yang merupakan sebuah taman nasional kelautan. 

Kerusakan kapal tersebut terjadi pada bulan Agustus 1885. Tetapi karena tidak segera diperbaiki, kapal satu ini pun tenggelam di pelabuhan tersebut, pada bulan september ditahun yang sama. Kapal karam tersebut, merupakan salah satu kapal karam kappa terbaik dari abad 19, yang ditampilkan dalam Grant Lakes Schooners.

- Kapal P29 Di Malta

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

Satu lagi kisah kapal berhantu yang hadir di dasar laut. Kapal tersebut ialah Kapal P29, yang ditenggelamkan pada september 2007 di Marfa point Negara Malta. Kapal P29 sendiri, merupakan sebuah kapal patroli angkatan laut, yang memiliki panjang mencapai 167 kaki. 

Kapal P29 ini, merupakan bangkai kapal yang kini menjadi spot menyelam, yang sangat menarik dengan berbagai titik penyelaman yang sangat menantang. Termasuk ruang penumpang, yang sangat sempit untuk dilalui saat menyelam.

- Kapal USS Arizona Di Pearl Harbor

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

USS Arizona merupakan sebuah kapal perang dari Pennsylvania, yang dibuat pada awal dekade abad 20, dan berakhir dengan kisah tragis di Pearl Harbour. Kapal sepanjang 608 kaki ini, dihantam oleh bom yang ditembakkan dari 10 pesawat tempur milik Jepang.

Sungguh menyedihkan, pada peristiwa itu tercatat angka kematian mencapai 1171 prajurit, dari kapal USS Arizona saja. Angka tersebut hampir mencapai separuh, dari jumlah seluruh korban meninggal, dalam serangan itu.

- Kapal Giannis D Di Laut Merah Mesir

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

Kapal tenggelam ini, kini menjadi spot favorit bagi para penyelam, yang ingin menyelam di laut Merah Mesir. Dibuat di Jepang pada tahun 1969, Giannis D yang memiliki nama asli Shoyo Maru, dengan panjang mencapai 300 kaki. Nama Giannis D sendiri di dapatkannya, kala kapal tersebut dijual, kepada sebuah perusahaan Yunani selama 5 tahun.

Namun pada tanggal 19 April 1983, kapal tersebut tenggelam, setelah menghantam karang Shaab Abu Nuhas yang merupakan sebuah gugusan karang. Kala itu kapal Giannis D sedang mengangkut kayu lunak dari Kroasia menuju Jeddah, Arab Saudi. Ketika menghantam karang, kapal tersebut sedang berada pada kecepatan penuh, sehingga membuatnya tenggelam.

- Kapal Prince Albert Di Roatan, Honduras

http://www.katasaya.net/2016/07/kapal-karam-spot-paling-indah-untuk-menyelam.html

Coco View Resort di Honduras, sangat terkenal dengan istilah Prince Albert, yang memiliki masa lalu penuh kenangan. Kapal tersebut pernah digunakan oleh Negara Nikaragua, untuk mengantar pengungsi melarikan diri menuju Roatan, karena adanya perang yang sedang berkecamuk di sana. Roatan sendiri, merupakan pulau paling besar di teluk kepulauan Honduras.

Pada saat bersandar dipelabuhan, kapal tangker itu dicuri, dijarah kemudian ditinggalkan, hingga sebagian badan kapal tenggelam. Bill Evan pemilik Coco View Resort, melihat sebuah peluang untuk mengubah kapal tua tersebut, menjadi sebuah spot menyelam bagi para tamunya. Akhirnya pada tahun 1987, kapal ini pun secara sengaja ditenggelamkan.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam kapal karam paling indah di dasar laut. Dan karena keindahannya itulah, kini kapal-kapal karam tersebut, menjadi spot yang diburu oleh para penyelam serta para fotografer. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: