Tujuh Makhluk Mitologi Dalam Cerita-Cerita Rakyat Yunani | KataSaya

Tujuh Makhluk Mitologi Dalam Cerita-Cerita Rakyat Yunani

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya sekalian | Pada artikel sebelumnya, kita membahas mengenai makhluk-makhluk mitologi asal Jepang. Ternyata bukan hanya Jepang, yang memiliki cerita rakyat mengenai makhluk-makhluk mitologi seperti itu. Akan tetapi di luar negara Jepang pun, banyak negara-negara yang memiliki cerita tentang makhluk-makhluk kepercayaan, dari cerita rakyat yang berkembang di negara tersebut. 

Salah satunya ialah Yunani. Sebagian besar makhluk-makhluk mitologi yang kamu ketahui, bahkan mungkin yang orang-orang di dunia ini ketahui, juga berasal dari Negeri Para Dewa tersebut. Bahkan tidak jarang, cerita-cerita rakyat dari Yunani mengenai makhluk mitologi tersebut, diangkat ke layar kaca. 

Bukan hanya film-film dari negaranya sendiri saja, yang menampilkan makhluk-makhluk mitologi dari negara Yunani, bahkan film-film dari Hollywood pun sudah sering mengambil cerita tentang makhluk-makhluk tersebut. 

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makhluk mitos dari cerita rakyat di negeri para dewa yang paling terkenal. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Medusa

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Makhluk mengerikan ini, memiliki kemampuan untuk merubah manusia menjadi batu, ketika mereka menatap matanya. Medusa merupakan makhluk paling populer, dalam mitologi Yunani. 

Dipercaya bahwa awalnya, Medusa merupakan seorang gadis yang sangat cantik. Namun justru kecantikannya tersebut, berbuah kemalangan baginya. Wanita itu diperkosa oleh dewa Poseidon di kuil Athena. Karena itu, Athena pun marah dan mengutuk Medusa menjadi sesosok makhluk mengerikan, yang kita ketahui saat ini.

Cyclops

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Kamu pasti sudah tahu dengan makhluk satu ini, ia merupakan raksasa bermata satu yang sangat menyukai daging manusia. Cyclops, merupakan makhluk yang memiliki kekuatan sangat besar, ia juga dikenal sangat ganas.

- Minotaur

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Minotaur, merupakan monster yang memiliki tubuh kekar layaknya manusia, tetapi berkepala banteng. Minotaur dipercaya sebagai makhluk pemakan manusia, yang sangat rakus. Ia selalu melahap semua manusia, yang tersesat di dalam rumahnya yang menyerupai labirin. 

Sangat mustahil bagi seorang manusia biasa, untuk dapat menemukan jalan keluar dari rumah berbentuk labirin, yang dibangun oleh Daedalus dan putranya Icarus tersebut. Di rumah labirin itu, sang raja Minos dari Kreta tinggal. Menurut cerita yang berkembang, anak dari raja minos yang bernama Androgeus tewas dibunuh di Athena. 

Oleh sebab itu, Minos akhirnya memutuskan untuk berperang dengan Athena, yang pada akhirnya ia memenangkan perang tersebut. Sebagai penebusan dosa dari bangsa Athena atas kematian Androgeus, setiap tahunnya tujuh pemuda serta tujuh gadis dari Athena, harus dikirim ke pulau Kreta untuk dimasukan kedalam labirin sehingga Minotaur bisa memburu serta memakan mereka.  

Centaur

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Centaur merupakan makhluk mitologi, yang memiliki kepala hingga dada menyerupai manusia, sementara tubuh dan kakinya menyerupai kuda. Centaur yang paling terkenal dalam mitologi Yunani bernama Chiron. Ia merupakan Centaur yang memiliki badan tegap, dengan perawakan yang gagah. Chiron sangat suka bertempur, sekaligus diberkahi kecerdasan dan keterampilan, serta ilmu pengobatan.

- Sphinx

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Seperti halnya di Mesir, ternyata di Yunani juga terdapat makhluk mitologi bernama Sphinx. Bahkan tidak jauh berbeda dengan di Mesir, Sphinx juga merupakan sesosok makhluk yang memiliki tubuh singa, sayap elang, dan wajah perempuan. Dalam cerita yang berkembang, dipercaya makhluk ini suka sekali menyergap para pengelana, dan memberi mereka sebuah teka-teki. 

Apabila sang pengelana tidak dapat menjawab pertanyaan, yang diajukan oleh makhluk ini, maka Sphinx akan melahap mereka. Pada suatu hari, dia bertemu dengan Oedipus yang ternyata berhasil menjawab teka-teki, yang diajukan sang Sphinx. Karena kalah dalam permainannya sendiri, Sphinx akhirnya menjatuhkan diri ke dalam jurang.

- Cerberus

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Cerberus dipercaya sebagai anjing kepercayaan dari Hades. Hades sendiri merupakan dewa penguasa dunia bawah. Cerberus memiliki tiga kepala, dengan ukuran badan yang sangat besar. 

Cerberus dipercaya oleh Hades, untuk menjaga gerbang masuk menuju dunia roh. Dipercaya bahwa makhluk ini, hanya akan membiarkan roh-roh dari orang mati saja, untuk melewati gerbang yang ia jaga. Sementara bagi manusia, yang mencoba untuk melewati gerbang tersebut, akan langsung ia makan.

- Hydra

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-cerita-rakyat-yunani.html

Hydra merupakan seekor makhluk air, yang menyerupai ular namun memilki ukuran tubuh yang sangat besar, kepala yang banyak, dan racun yang sangat mematikan. Saking mematikannya racun yang dimiliki Hydra, sampai-sampai nafas yang dikeluarkan makhluk ini, bisa membunuh seorang manusia dalam sekejap mata. 

Selain itu, darah makhluk ini juga sangat beracun. Ia dipercaya dapat meregenerasi kepalanya, setiap kali kepala makhluk ini dipenggal. Dalam sekali regenerasi ketika satu kepala dipenggal, maka akan tumbuh dua kepala di tempat kepala yang berhasil di penggal tadi. 

Hydra dipercaya tinggal di danau Lerna, yang terletak di bagian Peloponnese kuno. Hydra mengintai di dalam sebuah gua bawah air, yang dipercaya juga sebagai pintu masuk ke dunia bawah.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh makhluk mitologi dari cerita-cerita rakyat dari negeri para dewa, yang cukup terkenal. Seperti halnya yang ada di Jepang, makhluk-makhluk ini hanya mitos belak, namun memiliki daya tarik tersendiri bagi orang-orang di dunia untuk mengetahuinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: