Tujuh Makhluk Mitologi Yang Ada Dalam Cerita-Cerita Rakyat Di Jepang | KataSaya

Tujuh Makhluk Mitologi Yang Ada Dalam Cerita-Cerita Rakyat Di Jepang

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Negara Jepang, merupakan sebuah negara maju yang berjuluk Negeri Matahari Terbit. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata Negara Jepang terkenal bukan hanya karena kemajuan dalam bidang teknologinya saja, namun Negara Jepang juga terkenal dengan beberapa hal-hal lain yang ada di sana. 

Salah satunya ialah dari makhluk-makhluk mitologinya, yang bisa dibilang cukup menyeramkan baik dalam bentuk fisik, juga dalam kebiasaan dari makhluk-makhluk tersebut yang dipercaya oleh orang-orang Jepang sendiri. Meskipun tidak ditemukan adanya bukti nyata, bahwa makhluk-makhluk tersebut ada, atau memang mungkin pernah ada di zaman dahulu. 

Namun yang pasti sebagian besar dari makhluk mitologi itu, hanyalah makhluk-makhluk dongeng sebagai cerita pengantar tidur, yang banyak dijumpai di seluruh dunia tidak hanya dari Jepang saja. 

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makhluk mitologi dalam cerita-cerita rakyat yang berkembang di Jepang. Makhluk-makhluk ini terkenal di negaranya, sehingga mengundang perhatian orang-orang dari negara lain, untuk mengetahuinya. Beriku ini ulasannya :

- Kappa

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Kappa atau yang biasa disebut Gataro atau Kawako oleh orang Jepan sendiri, merupakan makhluk air legendaris dari agama Shinto, yang sering muncul dalam cerita-cerita rakyat Jepang. Kappa dipercaya menempati kolam-kolam, dan sungai-sungai yang ada di Jepang, serta memiliki penampilan yang cukup aneh. 

Hal ini disebabkan oleh, hasil dari adaptasi dengan lingkungannya. Seperti halnya tangan dan kakinya yang berslaput. Menurut cerita, Kappa memiliki kekuatan yang sangat besar, bahkan ia mampu untuk menyerang seekor kuda. Ia juga dipercaya, mampu menarik mangsanya yang jauh lebih besar, untuk masuk kedalam air. 

Menurut berbagai legenda, Kappa mendapatkan kekuatannya dari meminum darah, serta memakan isi perut korbannya. 

Kappa juga dipercaya sebagai makhluk pembuat masalah, dan merupakan makhluk yang sangat nakal. Terkadang dia suka menculik anak-anak, atau bahkan memperkosa wanita. Menurut cerita, anak-anak kecil merupakan santapan favorit dari seekor Kappa, meskipun terkadang mereka juga menyerang dan memangsa orang dewasa.

- Kodok Gama

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Kodok Gama, merupakan salah satu makhluk mitologi asal Jepang. Kodok berkaki 3 ini adalah hewan peliharaan dari Gama Sennin. Cerita makhluk mitologi ini, seperti halnya cerita delapan dewa Tao dari China, mengenai Liu Hai yang belajar rahasia keabadian dari seekor kodok berkaki 3 bernama Chan Cu.

Dalam cerita yang berkembang, Kodok Gama ini memiliki kemampuan untuk menghembuskan awan, yang disebut sebagai Nafas Kehidupan dan menjiwai seluruh makhluk hidup.

- Komainu

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Dalam mitologi Jepang, Komainu merupakan makhluk penjaga kuil Shinto. Ia memiliki banyak tugas, dimana tugasnya sedikit sama dengan Gargoyle, yang dipercaya sebagai makhluk penjaga gereja-geraja di Barat. Oleh sebab itu, sering kali patung Komainu yang terbuat dari batu, disimpan di sisi-sisi pintu masuk kedalam kuil shinto. 

Patung Komainu dibuat selalu berpasangan, yang mana satu Komainu digambarkan membuka mulutnya, sedangkan yang satu lagi menutup mulutnya. Dalam mitosnya sendiri mulut terbuka, dianggap menyerupai mulut yang sedang mengucapkan ‘a’. Sedangkan mulut yang tertutup, menyerupain mulut yang sedang mengucapkan ‘um’. 

Jika diucapkan secara bersamaan, akan terdengar seperti ‘om’ yang dalam bahasa sansekerta, memiliki arti awal dan akhir.

- Kirin

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Makhluk mitologi satu ini, dikatakan sebagai makhluk yang berasal dari China. Bentuknya mungkin terlihat begitu gagah dan menyeramkan. Akan tetapi dalam cerita yang berkembang, Kirin hanya menyerang dan menghukum orang-orang yang berbuat jahat saja. 

Bila seseorang secara tidak sengaja melihat makhluk ini, dalam kepercayaan orang Jepang, hal ini dapat membawa keberutungan bagi orang tersebut.

- Kitsune

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Kitsune memiliki arti rubah dalam bahasa Jepang. Dalam cerita rakyat Jepang, rubah digambarkan sebagai makhluk yang cerdas dengan kemampuan sihir yang terus meningkat, seiring dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. 

Dalam kepercayaan agama Shinto, Kitsune disebut juga Inari, yang bertugas sebagai pembawa pesan dari Dewa. Sedangkan dalam cerita rakyat Jepang, kitsune merupakan penjaga dan teman yang setia. Terkadang mereka juga bisa menjadi kekasih bahkan istri.

- Yuki Onna

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Yuki Onna atau Yukime yang memiliki arti wanita salju, merupakan makhluk mitologi asal Jepang yang berwujud wanita cantik. Makhluk ini muncul di daerah pegunungan yang bersalju. Biasanya Yuki Onna sering muncul dihadapan laki-laki muda, dan menggodanya agar pemuda tersebut mau untuk menc**mnya. C**man dari makhluk ini, dapat membuat seseorang menjadi es.

- Tengu

http://www.katasaya.net/2016/07/makhluk-mitologi-dalam-cerita-rakyat-jepang.html

Secara umum, Tengu memiliki 2 bentuk fisik. Yaitu Karasu Tengu, dan Konoha Tengu yang lebih dikenal dengan sebutan, Yamabushi Tengu. Karasu Tengu, memiliki kepala menyerupai burung, lengkap dengan paruhnya. Sementara Konoha atau Yamabushi Tengu, memiliki penampilan dan tubuh layaknya manusia, tetapi memiliki sayap dan hidung yang panjang. 

Mitologi Tengu sendiri, bermula pada sekitar abad ke-6 Masehi, sejalan dengan datangnya agama Budha ke Jepang dari China. Tengu sendiri, dianggap sebagai goblin yang tinggal di hutan dan gunung. 

Mereka diyakini memiliki kekuatan supernatural. Seperti halnya dapat berubah bentuk menyerupai manusia atau hewan, dapat berbicara dengan manusia tanpa membuka mulutnya, dan mampu berpindah tempat dengan sangat cepat karena memiliki sayap. 

Kata Tengu sendiri memiliki arti Anjing Langit, seperti halnya Tien Kou atau Tiangou yang merupakan mitologi dari China, yang memiliki arti sama yaitu Anjing Langit. Tetapi seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa Tengu tidak memiliki wujud seperti anjing, melainkan seperti burung atau pun manusia.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh makhluk mitologi yang ada dalam cerita-cerita rakyat di Negara Jepang. Makhluk-makhluk mitologi tersebut menjadi saksi, bagaimana orang-orang dinegara maju seperti Jepang pun, tidak terlepas dari hal-hal yang berbau mistis. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: