Lima Kisah Orang Yang Berhasil Selamat Setelah Terdampar Di Tempat Terpencil | KataSaya

Lima Kisah Orang Yang Berhasil Selamat Setelah Terdampar Di Tempat Terpencil

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya sekalian | Pernahkah kamu, menonton film-film yang berkisah mengenai orang yang melakukan perjalanan, namun akhirnya mereka terdampar di sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Mereka terdampar selama berhari-hari, atau bahkan hingga bertahun-tahun lamanya, tetapi akhirnya mereka berhasil selamat. 

Mungkin kamu berpikir, bahwa kisah dari orang-orang yang terdampar di sebuah pulau tidak berpenghuni ini, hanya dapat kamu dengar atau lihat di dalam cerita atau film saja. Tetapi tahukah kamu sahabat bahwa ternyata kisah-kisah memilukan, yang pastinya membuat prustasi orang-orang yang mengalaminya tersebut, tercatat dalam sejarah pernah terjadi beberapa kali di dunia ini.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa kisah orang yang terdampar di tempat terpencil. Akan tetapi secara mengejutkan, orang-orang tersebut berhasil bertahan, dan bahkan berhasil ditemukan dengan selamat. Berikut ini ulasannya :


- Marguerite De La Rocque

http://www.katasaya.net/2016/07/orang-yang-selamat-setelah-terdampar-di-tempat-terpencil.html

Margrit De La Rocque yang berusia 19 tahun, pada tahun 1542 ikut serta dalam sebuah perjalanan, yang dipimpin oleh penjelajah Perancis yaitu Jacques Cartier. Perjalanan tersebut menuju ke Newfoundland.

Di dalam perjalanannya, Margrit menjalin sebuah hubungan dengan seorang pelaut muda, yang berprofesi sebagai pelayan di kapal tersebut. Hal ini membuat Jacques Cartier, yang juga merupakan paman dari Margrit marah besar. 

Akhirnya sang paman membuang Margrit di sebuah pulau terpencil, dan tidak berpenghuni di perairan Labrador. Sedangkan sang pelayan, di buang di pulau yang berlainan.

Di pulau tersebut Margrit melahirkan seorang anak. Namun sayangnya, anak yang ia lahirkan akhirnya meninggal dunia, akibat kurangnya asupan susu. Selama 2 tahun hidup di pulau tersebut, Margrit tinggal di sebuah gua dan berburu hewan liar untuk makan. Akhirnya Margrit secara tidak sengaja ditemukan, oleh nelayan dari Basque atau Spanyol. 

- Alexander Selkirk

http://www.katasaya.net/2016/07/orang-yang-selamat-setelah-terdampar-di-tempat-terpencil.html

Seorang pelaut bernama Alexander Selkirk pada abad ke-18, berkerja untuk seorang kapten bernama Thomas Stradling, yang sangat ceroboh dan bertindak semena-mena pada anak buahnya. 

Karena dianggap tidak patuh terhadap perintah sang kapten, Selkirk akhirnya dibuang di sebuah pulau bernama Juan Fernandez, yang berada di selatan Pasifik. Ia tinggal dan hidup di pulau tersebut, selama kurang lebih empat tahun.

Selama menghuni pulau tidak bertuan itu, Selkrik bertahan hidup dengan membuat sebuah gubuk dari pohon untuk tempat tinggalnya, dan menangkap serta memelihara kambing-kambing liar untuk dijadikan sebagai sumber makanannya. 

Pada tahun 1709, akhirnya Selkrik berhasil di temukan oleh sebuah kapal pribadi. Pengalamannya bertahan hidup dipulau terpencil tersebut, menjadi sebuah cerita yang sensasional dan sangat terkenal.

- Kapten Charles Bernard

http://www.katasaya.net/2016/07/orang-yang-selamat-setelah-terdampar-di-tempat-terpencil.html

Pada tahun 1812 kapal asal Inggris yang diberi nama Isabella, terdampar di sebuah pulau bernama Eagle Island atau pulau elang, yang merupakan bagian dari kepulauan Falkland. Kapal tersebut dikomandani oleh seorang kapten bernama Harrington. Akhirnya mereka di temukan oleh nelayan Amerika, yang dikomandani oleh Kapten Charles Bernard. 

Ketika akan berlayar, Bernard menyadari bahwa mereka membutuhkan makanan lebih, karena melihat kondisi makanan yang tidak mencukupi. Oleh karenanya, sang Kapten beserta empat orang awak kapalnya, memutuskan untuk pergi mencari makanan ke dalam pulau tersebut.

Namun ketika sang kapten masuk kedalam pulau, orang-orang yang mereka selamatkan tersebut, justru mengambil alih kapal dan meninggalkan mereka semua di pulau tidak bertuan itu. Beruntung setelah 18 bulan lamanya, tepatnya pada November 1814, akhirnya mereka berhasil di temukan dengan selamat.

- Ada Blackjack

http://www.katasaya.net/2016/07/orang-yang-selamat-setelah-terdampar-di-tempat-terpencil.html

Sebuah tim penjelajah yang terdiri dari tujuh orang, yang dipimpin oleh Vilhjalmur Stefansson pada musim gugur tahun 1921, merencanakan untuk melakukan sebuah ekspedisi ke Arctic. Tujuan ekspedisi tersebut, ialah untuk mengklaim sebuah pulau bernama Wrangel Island, yang berada di kawasan tersebut. 

Pulau Wrangel Island sendiri, merupakan sebuah pulau yang kala itu, menimbulkan sengketa antara Kanada dan Inggris. Ada Blackjack yang merupakan seorang wanita Eskimo, disewa oleh para penjelajah tersebut untuk menjadi seorang juru masak, dan tukang jahit kapal dengan bayaran 50 Dollar untuk sebulan. 

Kala itu Ada Blackjack sedang membutuhkan uang untuk pengobatan sang anak. Perjalanan mereka dilakukan selama 1 tahun, tetapi perbekalan yang mereka bawa hanya cukup untuk 6 bulan saja. Karena tidak dapat menemukan makanan, akhirnya mereka mengalami kelaparan. 

Dan pada Januari 1923, tiga orang dari mereka mencoba untuk mencari pertolongan. Sementara itu, Ada Blackjack di suruh merawat empat orang laki-laki lainnya, yang sedang sakit kala itu. Waktu pun terus berjalan, namun ketiga orang yang mencari pertolongan itu tidak pernah kembali, sementara keempat orang yang ia rawat akhirnya meninggal dunia. 

Blackjack akhirnya belajar untuk bertahan hidup, hingga akhirnya pada bulan Agustus 1923, Blackjack berhasil diselamatkan oleh mantan rekan dari Stefansson. Uang yang ia peroleh dari hasil ekspedisi tersebut, ia gunakan untuk membawa anaknya berobat di Seattel,

Semua gaji dari hasil ekspedisi selama 2 tahun tersebut, akhirnya dapat diterima oleh Blackjack. Namun sayangnya, ia tidak mendapatkan sepeserpun keuntungan dari penjualan buku yang sangat populer, mengenai kisah perjalanan dan perjuangan hidupnya yang diterbitkan oleh orang lain.

- Keluarga Robertson

http://www.katasaya.net/2016/07/orang-yang-selamat-setelah-terdampar-di-tempat-terpencil.html

Keluarga Robertson pada tahun 1971, memutuskan untuk berkeliling dunia dengan menggunakan sebuah kapal kecil. Namun terjadi sebuah insiden pada bulan ke-17. Dimana dalam insiden tersebut kapal kecil mereka, dihantam oleh sekelompok ikan paus pembunuh, hingga membuat kapal mereka karam di Samudra Pasifik. 

Keluarga tersebut menyelamatkan diri, dengan menggunakan kapal sekoci dan membawa makanan, yang hanya cukup untuk enam hari saja. Menggunakan alat seadanya, mereka pun akhirnya berburu ikan serta kura-kura, untuk bertahan hidup. 

Kondisi tersebut berlangsung selama kurang lebih 54 hari, hingga pada akhirnya mereka ditemukan, dan diselamatkan oleh sebuah kapal pukat milik Jepang.


Itulah ulasan mengenai, lima kisah orang yang berhasil bertahan dan selamat, setelah terdampar di tempat terpencil. Mereka dapat bertahan bahkan selamat, karena usaha keras yang mereka lakukan, untuk bertahan hidup. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: