Enam Tradisi Unik Jelang Lebaran Yang Ada Di Indonesia | KataSaya

Enam Tradisi Unik Jelang Lebaran Yang Ada Di Indonesia

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Lebaran Idul Fitri merupakan sebuah momen yang begitu dinanti-nanti, terutama oleh warga Indonesia yang mayoritasnya memeluk agama Islam. Momen tersebut merupakan momen, yang biasanya digunakan untuk bersilaturahmi dan saling maaf-memaafkan, dengan sanak saudara.

Hari raya Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam penanggalan Hijriyah, setelah sebelumnya menjalani ibadah Puasa Ramadhan selama satu bulan lamanya. Adapun dalam memaknai idul fitri sendiri, umat Islam diharapkan dapat mencapai kesucian lahir dan batin, serta dapat meningkat kualitas religiusitasnya

Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, banyak sekali tradisi atau kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat, terutama oleh warga masyarakat Indonesia. seperti halnya melakukan Takbiran Keliling dan membuat Ketupat. Tradisi-tradisi tersebut begitu kuat dipegang oleh masyarakat Indonesia, sehingga masih dilestarikan hingga saat ini.

Nah, apa sajakah tradisi jelang Lebaran yang ada di Indoensia itu?. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian, mengenai beberapa tradisi unik di Indonesia saat Lebaran tiba. Berikut ini ulasannya :

- Adanya Uang THR

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Perusahaan-perusahaan di Indonesia biasanya mengeluarkan Tunjangan Hari Raya atau THR, saat menjelang Lebaran untuk para karyawannya. Hal ini telah menjadi ketetapan resmi dari pemerintah. selain THR dari perusahaan untk karyawannya, biasanya orang Indonesia juga memberikan THR pada anak-anak kecil, pada saat Lebaran tiba.

- Mudik

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Sebagian besar warga Indoensia, mencari nafkah jauh dari kampung halamannya. Oleh sebab itu saat menjelang Lebaran, menjadi sebuah momen yang dipergunakan oleh kebanyakan warga Indonesia, untuk pulang kampung atau lebih dikenal dengan istilah mudik.

Hal tersebut dikarenakan, biasanya hari libur saat Lebaran lebih panjang, apabila dibandingkan dengan hari libur momen-momen lain. Sehingga masyarakat memanfaatkan momen lebaran ini, untuk pulang ke kampung halamannya, guna melepas rindu dan berkumpul menghabiskan momen hari kemenangan bersama sanak saudara.  

- Takbir Keliling

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Pada malam Lebaran, biasanya orang Indonesia mengumandangkan Takbir sebagai tanda kemenangan, setelah melaksanakan ibadah Puasa selama satu bulan lamanya. Di Indonesia sendiri, ada sebuah tradisi unik dalam mengumandangkan Takbir. Warga Indonesia biasanya melakukan Takbir keliling kampung atau bahkan kota, menggunakan kendaraan atau sekedar berjalan kaki.

- Membuat Ketupat

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Di Indonesia, siapa yang tidak tahu dengan Ketupat?. Yah, Ketupat merupakan makanan wajib, yang selalu disajikan ketika momen hari raya Idul Fitri tiba. Biasanya, para ibu sudah mempersiapkan ketupat antara satu atau dua hari jelang Lebaran. 

Dalam menyantap sajian Ketupat, umumnya dilakukan setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri. Dan ditemani dengan sajian spesial saat Idul Fitri lainnya, seperti Opor Ayam, Semur atau juga Rendang.

- Halal Bi Halal

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Halal bi halal merupakan salah satu istilah untuk tradisi yang ada saat Lebaran tiba. Tradisi tersebut ialah saling mengunjungi satu sama lain dengan teman, tetangga dan sanak saudara, untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. 

- Ziarah Ke Makam Keluarga

http://www.katasaya.net/2016/07/tradisi-unik-jelang-lebaran-di-indonesia.html

Masyarakat Indonesia biasanya akan berziarah ke makan keluarga atau kerabatnya, setelah mereka selesai melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri, untuk mendo'akan kepada mereka yang telah tiada.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai enam tradisi unik yang ada di Indonesia saat Lebaran tiba. Tradisi-tradisi ini, merupakan tradisi yang masih belum tergerus oleh perkembangan zaman, dan masih dipertahankan hingga saat ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: