Tujuh Jenis Gangguan Tidur Paling Aneh Yang Sebaiknya Kamu Tahu | KataSaya

Tujuh Jenis Gangguan Tidur Paling Aneh Yang Sebaiknya Kamu Tahu

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Gangguan pada tidur, akan membuat dirimu merasa sangat kelelahan juga tertekan, dalam menghadapi hari yang baru. Jika kamu menderita gangguan pada tidur, mungkin kamu harus mencari tahu, mengenai termasuk jenis yang mana gangguan tidur yang kamu alami. Karena ternyata, banyak sekali jenis gangguan tidur yang bisa menyerang seseorang, bahkan ada pula gangguan tidur yang terbilang aneh.

Dengan kamu mengetahui jenis gangguan tidur yang kamu derita, akan lebih memudahkan kamu untuk mencari dan menemukan cara, untuk mengatasi masalah tersebut. Terutama untuk gangguan tidur yang terbilang aneh. Untuk itu pada kesempatan kali ini sahabat, kita akan bahas buat kamu sekalian, mengenai beberapa jenis masalah saat tidur yang sebaiknya kamu tahu.

Terkadang kita mengalami kesulitan untuk tidur, namun sering juga kita tidur dalam waktu yang cukup lama. Dan jika kamu mengalami hal-hal serupa, maka bisa dipastikan bahwa kamu sedang menderita salah satu dari jenis gangguan tidur, yang akan kita bahas kali ini. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Kurang Tidur Di Malam Hari

http://www.katasaya.net/2016/08/jenis-gangguan-tidur-yang-perlu-diketahui.html

- Sleeping Bruxism

Ini merupakan salah satu gangguan tidur paling aneh, di mana penderitanya akan menggertakkan giginya, pada saat ia tidur. Para peneliti mengatakan bahwa, umumnya hal tersebut terjadi pada seseorang, yang mengalami tekanan atau stres, terlalu cemas, ataupun orang yang sedang menahan amarahnya.

- Sleep Apnoea

Ini merupakan salah satu kondisi yang sangat serius, di mana seseorang berhenti bernapas dalam beberapa detik dan apabila lambat dalam penanganannya, hal tersebut dapat mengakibatkan penderita mengalami stroke. Jenis gangguan tidur satu ini, dapat diakibatkan karena kelebihan berat badan atau obesitas, tekanan darah tinggi, atau karena penderita merokok.

-  Sleep Walking

Kondisi ini dikenal juga sebagai 'tidur sambil berjalan'. Biasanya gangguan tidur jenis ini, disebabkan oleh masalah mendasar dalam tidur seperti halnya Sleep Apnoea, yang pada umumnya kurang diperhatikan.

- Narcolepsy

Ini juga merupakan salah satu kondisi serius, yang memerlukan penanganan sesegera mungkin. Orang-orang yang menderita kondisi ini, cenderung mengalami tidur secara tiba-tiba. Hal tersebut dapat terjadi di manapun dan kapanpun. Studi mengungkapkan, bahwa 1 dari setiap 2000 orang di dunia ini, menderita Narcolepsy

- Restless Legs Syndrome

Restless Leg Syndrome (RLS) adalah gangguan yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan, biasanya berupa gejala tungkai kaki, yang berkejut-kejut sewaktu tidur. Para peneliti mengungkapkan, bahwa kondisi satu ini biasanya terjadi pada malam hari, dan akan sembuh pada pagi harinya.

Hipersomnia 

Ini merupakan salah satu kondisi langka, di mana orang yang menderita kondisi ini, cenderung menghabiskan waktu 18 jam dalam sekali tidur. Rentang waktu tidur dari penderita Hipersomnia, tidak hanya berkisar 18 jam saja, ada pula kasus dari penderita kondisi satu ini, yang bahkan tidur hingga berminggu-minggu lamanya. Saat ini di seluruh dunia, hanya ada 200 orang yang diketahui mengidap gangguan tidur jenis ini. 

- REM-Sleep Behavior Disorder

REM-Sleep Behavior Disorder adalah sebuah kondisi di mana otak, tidak dapat mengirim sinyal pada tubuh, untuk tetap diam selama tidur. Pengidap gangguan ini sering bermimpi dalam tidurnya. Namun tak hanya bermimpi, tapi mereka juga bisa melakukan tidakan, sesuai dengan mimpi yang mereka alami. Seperti halnya berteriak, memukul, menendang dan bahkan berlari-lari. 

Ketika terbangun, mereka biasanya akan mengingat mimpinya, tetapi tidak dengan aksi brutal yang mereka lakukan. Jarang sekali orang yang mengalami kondisi ini. Pada umumnya, kondisi gangguan tidur satu ini, menyerang orang tua. Gangguan ini diduga merupakan gejala dari penyakit Parkinson, atau gangguan saraf degeneratif.

Baca Juga : Lima Masalah Yang Sebabkan Tidur Anak Kurang Berkualitas

Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh masalah pada tidur yang cukup aneh, dan perlu untuk kamu ketahui. Bila kamu sering mengalami gejala-gejala yang menunjukan, bahwa kamu menderita salah satu gangguan tidur, yang sudah dijelaskan di atas. Sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter guna mengatasi masalah tidur yang kamu derita. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: