Sepuluh Manfaat Tak Terduga Dari Membiasakan Diri Bangun Pagi | KataSaya

Sepuluh Manfaat Tak Terduga Dari Membiasakan Diri Bangun Pagi

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Bangun pagi, adalah bangun sebelum sinar matahari, terbit di ufuk timur. Jika matahari sudah terbit, waktu sudah tidak bisa dikatakan pagi lagi, melainkan waktu pertengahan antara pagi dan siang hari. Yang dimaksud bangun pagi, adalah bangun antara jam setengah empat, lima dan jam enam pagi. 

Orang kebanyakan bangun siang, karena dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, yang menyebabkannya. Salah satunya adalah bergadang. Orang yang bergadang di malam hari, akan terasa lemas saat pagi hari tiba. Bahkan, saat terbangun di siang hari pun, badannya akan terasa begitu lemas.

Berbahagialah untuk kamu, yang suka bangun pagi hari. Karena bangun pagi, memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu, baik dari segi kesehatan maupun dari segi psikologis. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari membiasakan bangun pagi hari. Berikut ini ulasannya :

http://www.katasaya.net/2016/08/manfaat-tak-terduga-bangun-pagi.html


- Manfaat Untuk Kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, pagi hari memiliki kualitas udara yang sangat baik. Hal ini, pastinya berdampak juga pada kesehatan kamu, yang suka bangun pagi. Beberapa ahli berpendapat, bahwa udara di pagi hari yang minim tingkat polusinya, dapat meningkatkan kinerja otak kamu, memperlancar peredaran darah, dan menjauhkan kamu dari penyakit paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara. 

Paparan sinar matahari di pagi hari, juga sangat baik untuk kesehatan kulit, dan tulang kamu. Karena rutinitas yang hampir menyita semua waktu yang kamu punya, sehingga tidak ada waktu untuk berolahraga, maka pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga sebelum kamu memulai aktivitas.

- Meningkatkan Daya Ingat

Jika otak berfungsi secara maksimal, memori otak akan meningkat. Hal itulah yang bisa membuat daya ingat kamu, akan meningkat pula. Orang tua yang sering bangun pagi, dan menghirup udara di pagi hari, tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak.

- Mendapatkan Udara Segar

Dengan kamu bangun pagi hari, kamu akan mendapatkan udara yang sangat segar, dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat dalam pernafasan, dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan, dan polusi pabrik.

- Memperoleh Kalisium Dan Vitamin D Untuk Tulang

Bangun pagi juga dapat memberi kesempatan bagi tubuh, untuk menerima paparan sinar matahari secara langsung, yang sangat penting untuk tulang kamu. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00, dianggap sangat baik untuk memenuhi asupan kalsium dan Vitamin D, yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

- Kulit Awet Muda

Kandungan Vitamin D, yang ada di dalam sinar matahari selain baik untuk tulang, bisa juga membuat kulit menjadi awet muda. Karena sel-sel kulit mati, bisa terkelupas dari permukaan kulit. 

- Memiliki Waktu Untuk Menyelesaikan Pekerjaan Atau Tugas Kamu

Pekerjaan dan tugas, adalah tanggung jawab yang harus kamu kerjakan. Bukan semata untuk kebaikan kamu saja, melainkan juga untuk kebaikan orang lain juga. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus dapat mengatur waktu, agar pekerjaan tersebut cepat selesai dan tidak terbengkalai. 

Bagi kamu yang terbiasa untuk bangun pagi, dapat menyelesaikan pekerjaan dan tugasnya, dengan tepat waktu. Hal tersebut dikarenakan, kamu memiliki banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas kamu, sehingga tidak perlu tidur terlalu malam untuk menyelesaikannya.

- Menikmati Indahnya Pagi Hari

Hal yang tidak dapat ditemukan bila kamu sering bangun kesiangan, adalah keindahan suasana di pagi hari, melihat matahari mulai terbit, mendengar kicauan burung, melihat tetesan embun pagi, dan ditambah lagi dengan udara segar yang dapat kamu hirup. Hal-hal yang seperti ini, dapat membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik, sehingga kamu siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

- Memberikan Mood Yang Baik Sehingga Menjadi Lebih Produktif

Bukan hanya keindahannya, tetapi juga dengan bagun pagi hari, dapat memberikan mood yang baik untuk memulai hari. Saat bangun pagi, kamu tidak perlu merasa terburu-buru, dalam melakukan aktivitas. Disamping itu, kamu bisa tepat waktu datang ke tempat kerja, sehingga suasana hati yang baik terbentuk dengan sendirinya. Dengan mood yang baik, kamu dapat bekerja dengan baik juga.

- Mengurangi Keinginan Untuk Begadang

Dengan bangun lebih awal di pagi hari, kamu pun akan tidur lebih awal juga. Hal tersebut dikarenakan, tubuh sudah merasa kelelahan sebab beraktivitas mulai dari pagi hari sampai malam hari, sehingga keinginan untuk begadang pun akan hilang karena rasa kantuk. Hal ini juga dapat membantu kamu, supaya terbiasa menjalani pola hidup yang teratur.

- Waktu Yang Tepat Untuk Mendekatkan Diri Kepada Tuhan Dan Memotivasi Diri

Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, ada baiknya kamu memulainya dengan, mendekatkan diri kepada Tuhan. Pagi hari, adalah waktu yang efektif untuk beribadah kepada Tuhan, di saat semua orang terlelap dalam tidurnya kamu sudah bangun untuk menyembah Tuhan. 

Meminta kepada-Nya, untuk menyertai semua hal yang kamu lakukan agar mendapatkan keberhasilan, dan kebaikan untuk kamu dan orang-orang di sekitar kamu. Baru setelah itu kamu akan merasa sangat termotivasi. 

Motivasi tidak dapat bertahan lama, karena manusia sangat mudah untuk melupakan motivasi, yang diberikan. Oleh karena itu, setiap hari sebaiknya kamu harus bisa memotivasi diri sendiri, dengan mengulang kembali kata-kata motivasi yang pernah kamu dengar. Hal tersebut, berguna untuk mengembalikan semangat atau motivasi, yang kamu miliki.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai sepuluh manfaat luar biasa yang dapat kamu rasakan dari bangun pagi. Terutama untuk kamu yang sudah bekerja, bangun pagi hari merupakan sebuah hal, yang menjadi keharusan. Jadi jangan malas untuk bangun pagi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: