Lima Manfaat Tidur Dengan Posisi Badan Menghadap Ke Kanan | KataSaya

Lima Manfaat Tidur Dengan Posisi Badan Menghadap Ke Kanan

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Berabad-abad yang lalu, Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pernah mengisyaratkan sebuah kebiasaan, yaitu tidur dengan posisi badan miring ke kanan. 

Seperti hadits dari Barra bin ‘Azib ra : Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya “Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk shalat. Kemudian berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu.” (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan, bahwa kebiasaan tidur dengan posisi badan miring ke kanan ini, memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Posisi tidur dengan badan miring ke kanan, dimana badan bagian sebelah kanan menjadi tumpuannya, ternyata memang menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.


http://www.katasaya.net/2016/08/manfaat-tidur-dengan-badan-menghadap-kanan.html

Kemudian timbul pertanyaan, manfaat apa saja yang dapat di peroleh, dengan membiasakan diri tidur dalam posisi badan miring kekanan?. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini, kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat dari membiasakan tidur dengan posisi badan miring ke kanan. Berikut ini ulasannya :

- Mengistirahatkan Otak Sebelah Kiri Yang Lelah

Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak bagian kanan, adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri, dan begitu pula sebaliknya.

Dengan tidur pada posisi badan menghadap ke sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan, akan terhindar dari bahaya. Adapun bahaya-bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, asam sisa oksidasi, dan penyempitan pembuluh darah, yang dapat timbul akibat sirkulasi darah yang melambat saat kamu tidur atau diam.

- Mengurangi Beban Kerja Jantung

Tidur dengan posisi badan miring ke kanan, membuat jantung tidak tertimpa organ tubuh lainnya. Hal ini karena posisi jantung berada di sebelah kiri. Sehingga, apabila kamu tidur dengan posisi badan bertumpu pada sisi kiri, dapat menyebabkan jantung terbebani secara berlebihan.

Posisi tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan yang rata, juga memungkinkan darah terdistribusi merata, dan terkonsentrasi di sebelah kanan. Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah, yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini, adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun.

- Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru sebelah kiri, lebih kecil bila dibandingkan dengan paru-paru sebelah kanan. Jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan, jantung akan condong ke sebelah kanan pula. Hal ini tidak menjadi masalah, karena paru-paru sebelah kanan lebih besar dibanding paru-paru sebelah kiri. Lain halnya jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kiri, jantung akan menekan paru-paru sebelah kiri kamu yang berukuran kecil, tentu ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

- Mengistirahatkan Lambung

Lambung manusia berbentuk seperti tabung, dan menyerupai simbol koma dengan ujung katup keluaran menuju usus, menghadap kearah kanan bawah. Jika kamu tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kiri, maka proses pengeluaran chime atau makanan yang telah dicerna oleh lambung, dan bercampur dengan asam lambung akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung.

- Meningkatkan Waktu Penyerapan Gizi

Ketika  kamu tidur, pergerakan usus kamu akan menigkat. Dengan kamu tidur pada posisi badan menghadap ke sebelah kanan, perjalanan makanan yang telah dicerna dan siap di serap, akan menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan oleh, posisi usus halus hingga usus besar, yang berada dibawah. Waktu yang lama ini, memungkinkan penyerapan gizi oleh tubuh kamu, bisa lebih optimal.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai lima manfaat membiasakan tidur menghadap ke sebelah kanan, yang ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Namun, tidur dengan posisi badan menghadap ke sebelah kanan saja tidaklah cukup, kamu juga perlu memperhatikan asupan makan dan olahraga secara teratur setiap hari. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: