Inilah Fungsi Angka Yang Terdapat Pada Bagian Bawah Botol Plastik | KataSaya

Inilah Fungsi Angka Yang Terdapat Pada Bagian Bawah Botol Plastik

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Pernahkah kamu menyadari, bahwa terdapat lambang berbentuk segitiga yang bertuliskan angka ditengahnya, disetiap botol air minum yang kamu beli?. Bila kamu menyadarinya, pernahkah terbesit dalam benakmu pertanyaan tentang, apa maksud atau mewakili apa angka yang tertulis tepat di tengah segitiga tersebut?.

Yah angka-angka tersebut dikenal sebagai simbol-simbol dari proses daur ulang, yang memberikan informasi secara signifikan kepada kita, mengenai material-material yang digunakan untuk membuat botol plastik tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta dari angka-angka yang terdapat pada botol plastik tersebut. Jadi sebaiknya kamu membaca artikel ini hingga habis sahabat, untuk mengetahui lebih lanjut tentang alasan-alasan menarik, dari adanya angka-angka tersebut.

http://www.katasaya.net/2016/09/fungsi-angka-pada-botol-plastik.html

Beberapa fakta menarik ini, mungkin saja dapat membantumu untuk memilih jenis botol plastik, yang paling aman untuk kamu gunakan saat membeli minuman. Selain itu, kamu juga dapat memahami berbagai jenis plastik, yang digunakan untuk membuat botol minuman. Tanpa membuang lebih banyak waktu lagi karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang fakta-fakta dibalik angka pada botol plastik. Berikut ini ulasannya :


- Tipe Botol Plastik Dengan Angka 1 (PETE ATAU PET)

Tipe pertama ialah, botol plastik yang bertuliskan angka satu pada bagian tengah simbol segitiganya, yang artinya tidak lain adalah terbuat dari polyethylene terephthalate, atau lebih dikenal sebagai PETE atau PET. Botol plastik jenis ini biasanya digunakan sebagai botol untuk air mineral atau pun soda. Secara umum, botol plastik ini dianggap cukup aman untuk dipakai. Dan botol plastik tipe inilah, yang kebanyakan diambil, untuk didaur ulang kembali.

- Tipe Botol Plastik Dengan Angka 2 (HDPE)

Kebanyakan botol deterjen, botol berbagai perlengkapan mandi, bahkan bahan pembuat bak mandi, terbuat dari plastik tipe satu ini. Botol plastik tipe ini, terbuat dari high density polyethylene. Dan botol tipe ini juga, sering diambil untuk didaur ulang kembali.

Tipe Botol Plastik Dengan Angka 3 (PVC)

Ini meruapakn tipe plastik paling umum, yang sering digunakan untuk membungkus makanan, dipakai sebagai wadah minyak goreng, serta melakukan proses plumbing pipa-pipa. Namun, plastik jenis ini sangat jarang diambil, untuk didaur ulang kembali.

Tipe Botol Plastik Dengan Angka 4 (LDPE)

Plastik tipe ini, terbuat dari bahan low density polyethylene. Plastik tipe ini sering digunakan untuk membuat, kantong belanjaan, pembungkus makanan, atau bahkan pembungkus roti. Plastik tipe ini memang dianggap aman, namun pada jenis plastik yang degradable, atau dapat terurai. Selain itu, plastik tipe ini juga, tidak dapat didaur ulang kembali.

Tipe Botol Plastik Dengan Angka 5 (PP)

Plastik tipe ini, terbuat dari bahan polypropylene. Botol Kecap, botol Sirup, botol plastik obat-obatan, sedotan, serta cangkir yoghurt, terbuat dari plastik tipe satu ini.

Tipe Botol Plastik Dengan Angka 6 (PS)

Plastik tipe ini, terbuat dari polistirena atau Styrofoam. Biasanya dipakai untuk membuat, piring dan cangkir sekali pakai. Plastik jenis ini, akan menghasilkan bahan kimia yang berpotensi beracun, saat dipanaskan.


Itulah ulasan mengenai enam angka pada botol plastik yang menunjukan jenis bahan pembuatnya, sahabat sekalian. Dengan mengetahui fakta-fakta tersebut, diharapkan kamu dapat lebih bijak, dalam memilih dan menggunakan benda-benda yang terbuat dari plastik tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: