Tujuh Tips Terbaik Untuk Bantu Anak Atasi Masalah Takut Dengan Ujian | KataSaya

Tujuh Tips Terbaik Untuk Bantu Anak Atasi Masalah Takut Dengan Ujian

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Apabila kamu memiliki seorang anak usia sekolah, maka kamu harus menyadari bahwa faktanya ujian merupakan hal yang penting baginya, meski tentu saja ujian bagi sebagian anak merupakan hal yang menegangkan. Oleh sebab itu, kamu juga harus tahu bagaimana caranya, menangani ketakutan yang dirasakan oleh anak-anak saat menghadapi ujian.

Dalam sistem pendidikan yang modern sekalipun, ujian merupakan suatu yang tetap saja penting bagi anak-anak, dengan begitu mereka dapat terus mengasah pembelajaran yang telah mereka pelajari. Sehingga, pada akhirnya mereka dapat memperoleh nilai yang sangat memuaskan, sesuai dengan harapan kamu sebagai orang tuanya.

Jika dalam benakmu saat ini bertanya-tanya, mengenai bagaimana membantu anak-anak untuk menghilangkan rasa takutnya terhadap ujian?, maka sebaiknya kamu membaca artikel berikut ini hingga habis.


Karena sangatlah penting bagi orang tua, untuk mengetahui beberapa tips yang berguna untuk mengatasi rasa takut terhadap ujian, yang sering diderita oleh anak-anak usia sekolah. Sebab ketakutan yang luar biasa terhadap ujian, hanya akan memberi dampak negatif, pada kesehatan mental sang anak.

http://www.katasaya.net/2016/09/tips-tips-tuk-bantu-anak-atasi-takut-ujian.html

Ketakutan terhadap ujian ini dapat mengakibatkan kecemasan yang ekstrim pada diri sang anak, rasa rendah diri, depresi, agresi, dan bahkan kecenderungan untuk bunuh diri pada beberapa kasus. 

Nah mengingat pentingnya mengenali tips-tips tuk menangani ketakutan tersebut, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips untuk membantu anakmu mengatasi ketakutannya terhadap ujian. Tanpa membuang lebih banyak waktu. Berikut ini ulasannya :

- Tips #1

Merupakan hal yang penting bagi kamu untuk menemaninya belajar, selama masa ujian berlangsung. Duduklah di dekat mereka, saat anak-anakmu sedang belajar untuk ujian, dan cobalah untuk menghapus semua keraguan dalam dirinya dan buat ia yakin. Selain itu, kamu juga bisa mengajarkan beberapa teknik tertentu, untuk mempermudah mengingat apa yang sudah dia pelajari.

- Tips #2

Sebaiknya, kamu tidak melibatkan mereka untuk mengerjakan pekerjaan rumah, atau kegiatan lainnya. Biarkan mereka mempersiapkan diri sebaik mungkin, untuk menghadapi ujian yang akan mereka jalani, sehingga rasa takut yang mereka rasakan sedikit banyak akan berkurang.

- Tips #3

Buatlah jadwal harian untuk mereka, terutama waktu untuk mereka belajar. Hal ini, dapat mengajarkan pada mereka untuk dapat membagi, dan memanfaatkan waktu dengan baik. Dengan membiasakan hal tersebut, mereka dapat memanfaatkan waktu bermain dan belajarnya dengan maksimal, sehingga ketakutan akan ujian pun akan berkurang karena mereka sudah belajar dengan baik.

- Tips #4

Jangan terlalu menekan anakmu, dengan memaksanya untuk mendapatkan nilai yang bagus, atau bahkan mengharuskannya menjadi juara kelas. Hal ini justru bisa berdampak, pada tekanan berat yang dapat dialami oleh anakmu.

- Tips #5

Jangan sampai kamu melakukan kekerasan, baik secara fisik ataupun lisan terhadap anakmu, tatkala ia tidak dapat mencapai nilai ataupun peringkat yang kamu harapkan.

- Tips #6

Beri mereka waktu untuk bermain bersama anak-anak lain, jangan paksa mereka untuk menghabiskan waktunya dengan belajar, karena belajar secara terus-menerus hanya akan membuat mereka mengalami stres.

- Tips #7

Ini mungkin merupakan salah satu tips terbaik, untuk menangani rasa takut akan ujian, yang dialami anakmu. Jika kamu melihat tanda-tanda bahwa anakmu mengalami ketakutan dan kecemasan akan ujian, sebaiknya kamu meminta bantuan dari mereka yang sudah profesional, baik itu bantuan untuk mengatasi rasa cemas dan takutnya, juga bantuan dalam hal belajar anakmu.


Itulah sahabat sekalian, ulasan mengenai tujuh tips tuk atasi masalah ketakutan yang dialami anak saat hadapi ujian. Jadi, ketika kamu menemukan fakta bahwa anakmu memiliki ketakutan pada ujian, sebaiknya kamu menerapkan tips-tips tersebut, guna memudahkan anakmu tuk hadapi ujian disekolahnya tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: