Serba Serbi Burayot, Si Manis dan Gurih Khas Garut | KataSaya

Serba Serbi Burayot, Si Manis dan Gurih Khas Garut

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Selama ini, Kabupaten Garut memang lebih dikenal dengan makanan khasnya yaitu dodol, yang kemudian belakangan ini diikuti oleh chocodot yang juga mulai terkenal. Padahal di Kabupaten yang berjuluk Kota Intan ini, banyak sekali makanan khas lainnya, yang memiliki rasa tidak kalah dari dodol. Salah satunya ialah Burayot. 

Burayot sendiri merupakan makanan khas, yang sangat dikenal oleh masyarakat dari Kecamatan Leles, Kadungora, dan juga Wanaraja, karena rasanya yang manis dan gurih. Dan karena rasanya inilah sehingga banyak orang yang menyukainya. Nama Burayot atau ngaburayot berasal dari bahasa Sunda, yang memiliki arti menggelantung.

Burayot dibuat dengan cara memasak gula aren sampai menjadi cair, kemudian gula yang sudah dicairkan tersebut, dicampurkan kedalam adonan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata, dibuatlah bentuk bulat pipih yang tidak terlalu besar, mirip seperti martabak telur tetapi tidak terlalu tipis. 

Setelah itu, adonan tadi digoreng menggunakan minyak yang telah mendidih. Cara menggorengnya sendiri ialah, dengan cara satu persatu adonan disiram dengan minyak, sambil ditusuk menggunakan sebilah bambu yang ujungnya lancip. Dengan begitu tepung akan menggelantung atau menggelayut kebawah, yang seperti dikatakan tadi dalam bahasa Sunda, hal tersebut disebut dengan ngaburayot. Inilah sebabnya kue ini dinamakan Burayot.

Dan dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai resep serta cara membuat makanan khas Garut bernama Burayot ini, dimana bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya tidaklah sulit untuk dicara. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :  

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuatnya :

- Gula merah
- Minyak kelapa 
- Kacang tanah 
- Dan beras merah 

Nah untuk lebih jelasnya tentang cara membuat Burayot ini, bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatannya, silahkan Anda langsung mendownload file resep Burayot si manis nan gurih khas Kabupaten Garut, melalui link download yang tersedia di bawah ini :

Download Filenya Disini :


Serba Serbi Burayot, Si Manis dan Gurih Khas Garut

Resep Burayot yang Anda download tersebut, sangat mudah untuk Anda praktekan di rumah, sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membelinya, ketika ingin menikmati manis dan gurihnya kue Burayot ini. Anda tinggal membuatnya sendiri saja di rumah. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.
loading...

Subscribe to receive free email updates: