Serba Serbi Mie Aceh Si Kuning Tebal Dengan Cita Rasa Pedas Khas Aceh | KataSaya

Serba Serbi Mie Aceh Si Kuning Tebal Dengan Cita Rasa Pedas Khas Aceh

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Mie Aceh, merupakan salah satu kuliner khas dari Aceh, yang memiliki cita rasa yang sangat pedas. Hidangan Mie Aceh sendiri menggunakan bahan utama mie, dengan jenis mie yaitu mie kuning tebal, yang dicampur dengan bumbu-bumbu spesial khas Aceh. Mie Aceh biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti udang dan cumi, dengan kuah sup sejenis kari yang gurih dan pedas. 

Sebenarnya Mie Aceh pada umumnya ada dua jenis, yaitu mie Aceh goreng atau kering, dan mie Aceh kuah. Kedua-duanya di taburi bawang goreng, kerupuk melinjo, irisan bawang merah mentah, cabai rawit mentah, potongan mentimun, dan jeruk nipis.

Tidak ada yang tahu persis, bagaimana asal usul Mie Aceh yang sudah tersohor, di seluruh Indonesia tersebut. Bahkan dalam buku-buku sejarah Aceh pun, tidak disebutkan secara pasti mengenai awal mulanya mie Aceh. Meskipun begitu, beberapa cerita setempat menrangkan, bahwa mie aceh berasal dari China. 

Aceh dan China, telah memiliki hubungan yang tercatat dalam sejarah, sejak abad 13 Masehi. Mie yang berasal dari China, diolah sedemikian rupa dengan cita rasa dan bumbu khas Aceh, sehingga sekarang dikenal dengan sebutan Mie Aceh.

Bila kamu sedang berada di Banda Aceh atau di Aceh, sangat mudah untuk menjumpai penjual mie Aceh. Umumnya pedagang Mie Aceh banyak di jumpai di warung-warung kopi, cafe, dan restoran. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena di luar Aceh sudah banyak pedagang, yang menjual mie Aceh ini. Sehingga tidak usah jauh-jauh bila kamu ingin mencicipi mie satu ini.

Selain dengan membelinya, kamu juga dapat membuat Mie Aceh yang lezat, secara praktis di rumah. Karena di sini, kita akan berbagi tentang resep praktis, membuat mie Aceh yang lezat tersebut. Berikut ini ulasannya :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

- 200 gram daging (bisa menggunakan daging sapi atau kambing)
- 300 gram mie basah besar, diseduh air panas
- 4 siung bawang putih, diiris tipis-tipis
- 3 butir bawang merah, diiris tipis-tipis
- 1 buah tomat, dipotong-potong
- 750 ml air
- 300 ml kaldu sapi
- 50 gram toge
- 50 gram kol, diiris-iris tipis
- 1 1/2 sendok makan Kecap Manis Bango
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 3 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 sendok teh cuka
- 1 batang daun bawang, dipotong cacah sepanjang 1 cm
- 1 lembar daun salam

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan mie Aceh ini, untuk lebih lengkapnya silahkan download saja resep Mie Aceh yang praktis namun lezat ini, melalui link download di bawah ini :

Download Filenya Disini :


Serba Serbi Mie Aceh Si Kuning Tebal Dengan Cita Rasa Pedas Khas AcehResep mie Aceh yang kamu download tersebut, sangat mudah untuk kamu praktekan di rumahmu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli atau malah pergi ke Aceh, untuk sekedar mencicipi mie lezat nan gurih ini. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.
loading...

Subscribe to receive free email updates: