Serba Serbi Rendang, Masakan Khas Masyarakat Minang Yang Mendunia | KataSaya

Serba Serbi Rendang, Masakan Khas Masyarakat Minang Yang Mendunia

SILAHKAN BACA JUGA
loading...
Sahabat Saya Sekalian | Makanan khas, yang berasal dari masyarakat Minangkabau ini sangatlah populer, makanan ini bernama Rendang. Tidak hanya di Indonesia, Rendang bahkan populer hingga dunia Internasional. Hal ini terbukti, dengan dinobatkannya Rendang sebagai makanan paling lezat di dunia, dari survei yang dilakukan oleh CNN. Bahkan, Burger King pernah membuat Rendang Burger pada tahun 1987. Rendang juga diketahui bisa bertahan lama, bahkan hingga berbulan-bulan lamanya, sehingga menjadikan makanan ini lebih istimewa.

Sejarahwan Universitas Andalas yaitu Prof. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. Rendang juga disebut dalam kesusastraan Melayu klasik seperti Hikayat Amir Hamzah yang membuktikan bahwa rendang sudah dikenal dalam seni masakan Melayu sejak tahun 1550-an.

Bagi masyarakat Minang sendiri, Rendang telah menjadi masakan yang selalu dihidangkan dalam berbagai acara adat juga sebagai hidangan sehari-hari. Sebagai masakan yang sudah menjadi makanan tradisi pengantar dalam sebuah upacara adat, Rendang diduga telah lahir sejak orang Minang menggelar acara adatnya pertama kali, kira-kira sejak abad ke-16. 

Rendang kian termahsyur dan tersebar luas jauh melampaui wilayah aslinya berkat budaya merantau dari suku Minangkabau. Orang Minang yang pergi merantau selain bekerja sebagai pegawai atau berniaga, banyak di antara mereka berwirausaha membuka Rumah Makan Padang di seantero Nusantara, bahkan meluas ke negara tetangga hingga Eropa dan Amerika. Rumah makan inilah yang memperkenalkan rendang serta hidangan Minangkabau lainnya secara meluas, salah satu rumah makan yang menyediakan masakan rendang sebagai menu utamanya berdiri di Amerika.

Untuk dapat merasakan enaknya Rendang kamu tidak hanya bisa membelinya di rumah makan yang menyediakan masakan tersebut, tetapi kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan praktis. Pada kesempatan kali ini selain mengenai asal usul Rendang kita juga akan membahas mengenai resep dan cara membuat Rendang yang lezat dan praktis yang dapat kamu praktekan di rumah. Berikut ini ulasannya :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

- 1 kg daging sapi yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sesuai selera
- Santan kental dari 3 buah kelapa Tua
- 15 butir Bawang merah
- 8 siung Bawang putih
- 1 ons Cabai merah
- Jahe
- Lengkuas yang sudah dimemarkan
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 batang Sereh
- 2 biji asam kandis
- 2 buah Bunga pekak
- 3 lembar Daun jeruk
- 4 lembar Daun salam
- 1 lembar Daun kunyit
- Garam
- Gula pasir

Lalu bagaimana cara membuatnya?. Nah bagi Anda yang berminat dengan resep pembuatan Rendang ini, untuk lebih lengkapnya silahkan download saja resep Rendang yang praktis namun lezat ini, melalui link download di bawah ini :

Download Filenya Disini :


Serba Serbi Rendang, Masakan Khas Masyarakat Minang Yang Mendunia

Resep Rendang yang kamu download tersebut, sangat mudah untuk kamu praktekan di rumahmu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot untuk membelinya, hanya untuk sekedar menikmati kelezatan dari Rendang. Semoga apa yang telah kami bagikan tersebut dapat berguna serta bermanfaat bagi kita semua.
loading...

Subscribe to receive free email updates: